telset

Ribuan Karyawan Google Protes Proyek Mesin Pencari China

Telset.id, Jakarta – Sekitar 1.400 karyawan Google dilaporkan kompak meneken surat protes terkait rencana perusahaan membuat mesin pencari khusus China. Mesin pencari tersebut sudah disensor dan dinilai ramah pengguna.

Para karyawan Google protes karena menurut mereka proyek terbaru itu tidak mengedepankan transparansi yang bisa dipahami oleh karyawan.

Menurut The Verge, Jumat (17/8/2018), mesin pencari tersebut tidak seperti yang umum digunakan oleh warga di seluruh dunia.

Baca juga: Google akan Bikin Mesin Pencarian untuk China

“Kami tidak memiliki informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan berdasarkan deskripsi tentang pekerjaan kami,” kata seorang karyawan yang turut menandatangani surat protes untuk perusahaan.

Kemarahan karyawan menyeruak kala muncuk berita bahwa Google sedang membangun mesin pencari yang akan menyaring konten dilarang di China. Mesin pencari tersebut memenuhi aturan sensor ketat Beijing.

Proyek baru bernama Dragonfly itu akan mengakhiri absennya Google di China pascaperetasan dan sensor.

“Kami butuh transparansi, komitmen yang jelas dan terbuka. Kami perlu tahu apa yang sedang dibangun,” lanjut karyawan tersebut.

Awal Agustus 2018, Google dikabarkan sedang bersiap-siap untuk meluncurkan mesin pencari yang disesuaikan dengan undang-undang yang mengatur mengenai sensor di China.

Sebelumnya Google memilih keluar dari China pada 2010 karena menolak untuk menyensor konten pencarian.

Menurut dokumen yang dilihat The Intercept, mesin pencari Google itu bakal membuat daftar hitam hasil pencarian dan laman yang berisi tentang hak asasi manusia, demokrasi, agama, dan protes damai.

Menurut kabar terakhir yang beredar, dokumen tersebut memberi petunjuk mengenai proyek bernama kode Dragonfly yang digarap sejak musim semi 2017.

Tak hanya para karyawan yang protes, proyek inipun menarik perhatian para anggota senat AS. Enam Senator dari Partai Demokrat dan Partai Republik AS pimpinan Marco Rubio dikabarkan penasaran dengan kabar adanya proyek mesin pencari Google yang khusus dibuat untuk China.

Baca juga: Google Diminta Jelaskan Proyek Mesin Pencari di China

Para senator tersebut telah menulis surat yang ditujukan kepada CEO Google Sundar Pichai, yang meminta keterangan atau jawaban konkret raksasa teknologi asal negeri Paman Sam itu.

Para senator sangat ingin tahu mengenai semua hal, apakah raksasa teknologi ini sedang menyusun versi mesin pencarinya yang akan beroperasi di negeri ekonomi terbesar dunia itu. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0