Review Sony Ericsson Xperia Mini ST15i

Sony ericsson Xperia Mini memiliki desain bodi yang cukup kecil, meski kecil ponsel ini layak di kategoriakan deretan  ponsel smartphone. Dilihat dari Fitur yang terdapat didalamnya sony Ericsson Xperia ST15 memiliki banyak kelebihan. Mulai  sistem operasi yang sudah mengusung Android 2.3 (Gingerbread),  yang juga merupakan versi paling akhir yang dikeluarkan Google saat ini. Ditambah lagi Xperia Mini, telah mengusung kamera yang mampu menghasilkan gambar dan video dengan kualitas HD 720p.

Harga Rp. 2.149.000

 

 

Technical Spec

Display 3.0 inch, LED-backlit LCD, Capasitive touchscreen

Dimension 88 x 52 x 16 mm, 99 gram

Storage 512 MB RAM, 320 MB Storage + micro SD (up to 32GB)

Connectivity GSM, GPRS, EDGE, Bluetooth, Wifi, micro USB

Camera 5 MP, 2592x 1944 piksel, autofokus, Led Flash

Media MP4, MP3, Youtube, FM Radio

 

System 1 GHz snapdragon Qualcomm, Android 2.3 Gingerbread

 

 

Design

 

 

Front Side

Memiliki layar dengan luas 3.0 inch, tepat dibawah layar terdapat juga tombol dengan bentuk rumah dan tombol kembali. Tentu saja ditambah tombol akses menu yang terletak disisi kanan tombol.

Right Side

Anda akan menjumpai tombol shutter kamera dan tombol pengaturan besar kecil volume disisi kanan.

Up Side

Tombol power yang dapat juga difungsikan untuk mengunci layar dapat ditemui pada sisi atas ponsel.

Down Side

 

 

Selain lubang kecil sebagai microphone terdapat juga port micro USB yang bersebelahan dengan port jack Audio 3.5 mm

Back Side

Disisi belakang ponsel terdapat kamera beserta lampu led flash. Tepat dibawahnya terdapat lubang kecil bergaris sebagai speaker Audio

Inside Case

Anda dapat mencungkil celah kecil disisi bawah untuk membuka cover. Baterai berjenis Li-Polimer dengan kapasitas 1200 mAh, slot SIM card GSM memang diletakkan disisi atas baterai, namun tetap harus membukanya baterai untuk memasang dan mencabut kartu SIM. untuk micro SD dapat mencabut langsung disisi slot SIM card.

 

User Interface

Tampilan Xperia mini memang sangat kental dengan ciri khas Sony ericsson. Menggunakan Time scape UI dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Terdapat akses pintas yang disediakan di empat sudut layar. Memberikan kemudahan menuju kebeberapa aplikasi, antara lain Messaging, Multimedia, Contact dan Dial Number. Tampilan yang juga banyak disematkan pada seri Xperia mini lainnya, menampilkan Lima layar yang dapat ditambahkan dengan shorcut, widget ataupun folder. Themes juga dapat digantikan dengan berbagai warna menarik.

 

Pengoperasian layar pada saat menjalankan menu dilakukan dengan teknologi layar sentuh. Pada layar Xperia mini memberikan lima halaman menu untuk menempatkan fitur-fitur. Disetiap halaman terdapat jumlah kolom sebanyak Empat dan untuk baris sebanyak Tiga baris, jadi total semua fasilitas yang dapat disematkan didalam satu halaman sebanyak Duabelas icon fasilitas. Semua bisa diatur untuk menempatkan beberapa aplikasi, widget, pengaturan dan juga folder. Untuk letaknya Anda dapat mengatur sesuai dengan selera dan cara mudah menurut Anda.

Communication

 

Media transmisi panggilan suara menggunakan jaringan Quad band GSM dengan frekuensi 850/ 900/ 1800/ 1900 MHz. Sedangkan konektivitas data nirkabel terbilang sudah lengkap, Anda dapat memanfaatkan GPRS dan koneksi HSDPA dengan keepatan hingga 7.2 Mbps. Sedangkan kemampuan HSUPA 5.76 Mbps yang mengindikasikan bahwa smartphone ini mampu bekerja dalam jaringan data internet, dengan kemampuan upload sebesar 5.76 Mbps per detiknya. Tak perlu kuatir saat browsing anda mendapatkan internet berjalan lambat, Xperia mini mampu memberikan akses internet cepat, walau anda melakukan aktifitas chating dengan teman sekalipun. Selain itu juga Anda dapat sekaligus memeriksa email masuk, bahkan dengan sistem operasi kembangan Google ini Anda dapat memasukkan lebih dari satu akun email.

Tampilan pada Time scape UI sangat memudahkan dalam pengoperasian layar. Untuk melakukan  komunikasi yang sifatnya berbasis data seperti jejaring sosial Facebook ataupun Twitter dapat dipantau dalam satu tampilan home screen. Bukan hanya sekadar melihat status, Anda dapat juga menambahkan aplikasi lainnya. Untuk melihat photo, video musik yang di upload dari teman-teman Anda dapat mudah dilihat tentunya dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Android market.

 

What is the in Facebook inside Xperia

Dapat berbagi musik : Dengan fitur baru yang ada di facebook. Anda dapat langsung berbagi tentang musik dan video.

Sharing foto : untuk melihat foto teman yang berada di Facebook, Anda tidak lagi diharuskan membuka aplikasi facebooknya, cukup masuk ke fitur Gallery maka foto yang ada bisa dilihat langsung  atau bisa juga men Tag bahkan berkomentar tentang foto.

Memonitor aktivitas jejaring : Melihat aktifitas teman setiap saat, dan mengupdate daftar kontak kedalam xperia. Dilengkapi dengan fitur like dan komentar yang diperbarui

Share aplikasi : Berbagi aplikasi dan permainan favorit dari Android market dengan sekali klik.

Print screen : Dapat melakukan print screen dari aplikasi atau permainan yang dijalankan lalu di upload langsung ke Facebook.

Menggunakan widget permainan dan aplikasi untuk diunduh yang di sharing teman

Camera

 

Anda mungkin takkan percaya, meski berukuran kecil tetapi Sony ericsson Xperia mini telah dilengkapi dengan kamera 5 MP ditambah fitur autofocus juga penambahan lampu flash. Selain itu juga teknologi kameranya sudah mengadopsi Geo-Tagging, sehingga hasil foto akan lebih terlihat halus meski obyek gambar dalam keadaan bergerak. Namun sayang fitur efek tidak ditanamkan dalam kamera, sehingga tidak dapat memberikan polesan foto yang berkesan.

Kamera juga dapat dimanfaatkan untuk merekam video, mampu merekam dan menghasilkan tampilan gambar dengan kualitas HD dengan resolusi 720 pixels.  Waktu merekam video dalam waktu satu menit menghasilkan file sebesar 45 Mb. Kapsitas memori memang cukup besar, namun terbayar dengan hasil gambar yang didapat. Untuk File format perekaman berektensi MP4.

Camera menu

Capturing mode (Normal, smile detection, scene recognition)

Resoluion (5MP, 3MP, 2MP 4:3, 2MP 16:9)

Touch Capture (ON/ Off)

Scenes (off, portrait, landscape, night scene, night portrait, beach and snow)

Flash (Auto, Fill flash, off, red eye reduction)

 

Focus mode (Single auto focus, multi auto focus, macro, face detection, infinity, touch focus)

 

Camcorder menu

Scene (off, portrait, landscape, night mode, beach and snow, sport)

Vide Size (HD 720p, full wide VGA, VGA, QVGA, Multimedia message)

Focus mode (Single auto focus, face detection, infinity)

Touch capture (ON/ Off)

 

 

Connectivity

 

Sony ericsson Xperia mini dilengkapi banyak konektivitas, selain memiliki koneksi internet ada beberapa koneksi yang sangt membantu dalam komunikasi. Diantaranya fitur Wifi yang dapat digunakan untuk mendowload pada Android market. Tidak hanya mendowload fitur wifi juga bisa berfungsi sebagai hotspot. Untuk dapat menggabungkan dengan perangkat lain Wifi juga sudah support dengan DLNA.

Selain menyediakan micro USB sebagai penghubunga dengan perangkat lain, seperti PC atau Laptop. Xperia mini  juga menyediakan koneksi nirkabel melalui Bluetooth. Xperia mini juga mampu memberikan akses berbagai file multimedia yang ada ke beberapa jaringan yang disupportnya, seperti pada produk Bravia LCD ataupun Playstation 3.

How use to Application Connected Devices

Dari Home screen masuk pada menu Connected devices

Aktifkan menu Media Server lalu aktifkan koneksi Wifi agar terhubung

Pada perangkat lain (klien) cari dan hubungkan dengan Xperia dengan nama default ST15i sebagai nama server

Maka akan ada pemberitahuan diatas layar untuk persetujuan akses masuk. Anda dapat mengubah setelan akses klien (selalu izinkan, selalu tanya, selalu tolak)

Kembali pada perangkat klien untuk sharing file multimedia yang diinginkan

Sekarang Anda dapat bebas mengakses file multimedia yang ada pada klien atau server, dengan terlebih dahulu mengaktifkan menu sharing data file yang ada pada multimedia

 

Multimedia

Tak perlu meragukan Xperia mini saat dijadikan perangkat multimedia. Hasil suara yang dikeluarkan dari speaker audio internalnya terdengar kencang dan jernih. Apalagi saat Anda sudah mengaktifkan fitur Xloud. Fitur ini dapat memaksimalkan hasil suara lebih keras. Ketika perangkat musik dimainkan akan diberikan Empat kategori utama untuk memilah lagu, berdasarkan Artist, Album, Tracks, dan Playlists. Tampilannya akan mengikuti posisi layar saat berputar, sehingga Anda dapat menentukan sendiri posisi yang sesuai. Selain itu juga saat memutar musik, dapat mencari tahu informasi lagu baik itu judul lagu, syair nya yang bisa digunakan untuk berkaraoke. Bisa juga digunakan untuk menemunkan video klip lagu tersebut pada website video streaming Youtube dengan memanfaatkan tombol virtual Track ID.

Multimedia Facts

Layar terlihat terang saat digunakan untuk merekam video ataupun memutarnya

Hasil suara terdengar keras dan jernih

Gunakan tombol di sisi kanan ponsel untuk mengendalikan volume saat memutar musik

Terdapat fitur equalizer sehingga dapat mendengarkan lagu dengan suara yang khas

Pemutar musik dilengkapi dengan library untuk pengelompokkan lagu berdasarkan artis, album, traks, dan playlist

Fitur time scape memudahkan untuk mengontrol  status baru  dibeberapa akun jejaring sosial

TrackID memberi informasi artis dan track secara detail dari hasil rekaman audio

Kamera memiliki resolusi 5MP dengan teknologi Auto focus, geo tagging, dan smile deetection

Saat membuka Gallery terdapat icon untuk mengakses kamera secara cepat

File-file multimedia akan ditampilkan beserta folder yang menyimpannya disertai jumlah file multimedia tersebut

Baterai sedikit boros

How about use button Track ID

Pada seri Sony ericsson sebelumnya Track ID selalu dijadikan aplikasi, namun pada Xperia mini ini Anda, akan menemukannya juga sebagai tombol virtual

Pada pemutar musik icon Track ID, akan dapat ditemukan pada posisi atas layar dengan icon  ∞  (and terbalik)

Sedangkan pada FM Radio, Anda dapat mengaksesnya di posisi kanan bawah layar dengan icon kaca pembesar

Fungsi dari virtual button Track ID yang ada pada pemutar musik sebagai pencari informasi sebuah lagu sekaligus juga untuk menemukan video klip atau teks lagu tersebut

Pada pemutar Radio FM fungsi ini selain menampilkan informasi juga akan memberikan langsung informasi dari sumber yang bersangkutan

Tombol Track ID akan bekerja saat Anda memutar musik player atau menyetel Radio FM

Pencarian informasi ataupun pencarian yang berhubungan dengan lagu yang diputar akan meminta koneksi internet Anda, oleh karena itu pastikan jaringan GSM pada ponsel sudah aktif

 

System

Sony ericsson Xperia mini berjalan dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread, dengan UI timescape yang selalu menjadi andalannya. Dipersenjatai dengan prosesor kembangan Qualcomm dari generasi Scorpion dengan clock speed mencapai 1GHZ. Memberikan performa yang powerfull, hampir tidak ada lag saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Ditambah lagi dengan chipset  GPU Adreno 205, memberikan grafis gambar yang sangat baik. Memori untuk membantu membaca sistem Xperia mini menyematkan sebesar 512MB sebagai RAM, kapasitas yang cukup besar untuk membantu memegang arahan dan data yang diproses prosesor. Sehingga perangkat tidak terlalu berat saat aplikasi berjalan.

Application

 

Beberapa fitur aplikasi multimedia yang disematkan memang sangat membantu, diantaranya Anda dapat memanfaatkan +Plus aplikasi market musik online yang menyediakan menu preview sebelum mendownloadnya, Anda dapat mendengarkan dahulu sebelum mendowload, dan linknya pun akan diberikan via SMS.

Jika pada seri walkman aplikasi Track ID dijadikan aplikasi, maka pada seri Xperia miini ini, Anda akan menemukannya juga sebagai tombol virtual yang dapat langsung dijalankan untuk mengidentifikasi lagu, sehingga dapat memberikan informasi mengenai lagu yang diputar.

Namun selain aplikasi multimedia yang berhubungan dengan musik sebaiknya tidak membuat Anda melupakan potensi aplikasi lain dari ponsel ini. SNS integration dapat Anda andalkan untuk selalu terhubung dengan jejaring sosial dan hendak memantau update secara berkesinambungan. Dan jika memang Anda, ingin menambah aplikasi atau game baru dapat memanfaatkan Android market yang sudah ditanamkan didalamnya.

 

{jcomments on}

1024×768 Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE HTC ChaCha berjalan pada jaringan Quad Band GSM 850/900/1800/1900 Mhz, dengan pilihan akses data melalui GPRS dan HSDPA 900/2100 Mhz. Kecepatan HSDPA sampai 7.2 Mbps dan HSUPA sampai 384 Kbps. Untuk konektivitas lokal terdapat WiFi dan Bluetooth versi 2.1. Teknologi GPS dilengkapi dengan dukungan A-GPS. Untuk bertukar data dari PC ke handphone Anda dapat menggunakan port microUSB. Slot eksternal microSD dapat Anda gunakan untuk ekspansi memori handphone hingga 32 GB. Tak ketinggalan konektivitas micro USB, jack audio 3,5 mm dan fasilitas WiFi Tethering yang memungkinkan Anda untuk menjadikan HTC ChaCha sebagai WiFi Router untuk mengakses internet. Yang kurang adalah tak tersedianya konektifitas HDMI, sehingga Anda tidak bisa menikmasti fitur video kualitas bagus.

Previous articleAmazon Siap Meluncurkan Smartphone Di 2012
Next articleRelion Mengeluarkan RealPad 7 Inch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here