telset

Review Nokia E6

Walau di tengah himpitan persaingan Android dan iOS yang mengandalkan layar sentuh. Nokia masih membuktikan bahwa Symbian masih dapat bernafas. Nokia E6 mungkin termasuk generasi akhir-akhir Nokia yang menggunakan Symbian. Selain menggunakan keyboard QWERTY, antar muka ponsel ini juga dilengkapi dengan layar sentuh. Fitur andalan lain dari ponsel ini adalah memori internal 8 GB dan kamera 8 MP.

 

Spesifikasi :

Screen 2.46 inch TFT, Touch Screen, VGA (640 x 480), 16.7 million colours

Dimension 115.5 x 59 x 10.5 mm/133 gram

Storage Internal Memory 8 GB + MicroSD (up to 32 GB)

Connectivity GPRS, EDGE, WiFi, HSDPA, micro USB, Bluetooth A2DP, Audio port 3.5 mm

Camera Dual Camera, 8MP rear camera, full focus, VGA front camera

Media FM Radio, Photo Editor, Video Ediitor

 

Desain

Tombol dengan logo Home digunakan untuk mengakses menu utama. Untuk mengakses konten di dalamnya dapat menggunakan tombol navigasi atau layar sentuh. Selain itu, menu utama dapat juga diakses dengan menekan tombol virtual Menu. Sisi atas ponsel dari kiri ke kanan terdapat slot micro SD, audio port 3.5 mm, tombol power . Tombol volume berada pada sisi kanan, dengan tombol pengenal suara di tengahnya. Di sebelah bawah susunan tombol tersebut, terdapat sakelar untuk membuka casing belakang. Port micro USB terdapat pada sisi kiri, port tersebut dilindungi oleh panel penutup. Port catu daya berada di sisi bawah ponsel.Kamera depan berada di atas layar sentuh tepatnya di pojok kanan atas. Di bawah layar terdapat beberapa tombol bantu dan tombol navigasi serta jajaran tombol QWERTY di bawahnya. Pada bagian belakang ponsel, terdapat kamera dengan flash double.

 

 

User Interface

Nokia E6 ini memadukan antar muka pengguna dengan keyboard QWERTY dan layar sentuh. Tampilan home screen terdiri dari  4 layer, untuk beralih dari satu layer ke layer lain dapat dengan cara mengusap layar ke kanan atau ke kiri. Selain itu dapat juga dengan menekan titik-titik di barisan bawah layar yang diapit oleh tombol virtual Options dan Menu. Jika ingin mengakses menu utama, Anda dapat menekan tombol virtual Menu tersebut atau menekan tombol dengan logo Home yang posisinya di sebelah kiri tombol navigasi.

Tampilan Home Screen dapat dimodifikasi sesuai selera. Sangat pas untuk Anda yang begitu membutuhkan informasi terkini. Judul berita terbaru, status Facebook dan kicauan Twitter teman-teman Anda dapat langsung tampil pada layar.  Ikon-ikon menu utama terjajar rapi pada layar terdiri dari tiga baris dan empat kolom. Fitur-fitur tersebut dapat diakses dengan menekan layar secara langsung. Namun Anda dapat juga mengaktifkan aplikasi dengan cara memanggilnya tanpa harus membuka menu utama atau mengakses dari home screen. Caranya dengan menekan tombol Voice Recognition. Lalu ucapkan fitur yang akan diakses. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengakses semua fitur Nokia, karena memang dialah yang paling mengerti.

Camera

Tersedia dua kamera pada ponsel ini. Layaknya ponsel Nokia, pada kamera depan resolusi tidak perlu terlalu tinggi. Cukup VGA untuk digunakan pada fungsi Video Call, walaupun dapat juga digunakan sebagai self portrait. Kamera belakang termasuk andalan ponsel ini, tak tanggung-tanggung resolusinya mampu hingga 8 MP dilengkapi dengan flash dua lampu.

Camera Mode

–          Camera (Front, Back)

–          Image Quality (8MP, 6MP, 3MP, 1.3 MP, 0.3 MP)

–          Save Location info (No, Yes)

–          Show captured image (No, Yes)

–          Default image name (Date, Text)

–          Capture tone (Camera 1, Camera 2, Camera 3, Camera 4)

–          Auto-rotate images (No, Yes)

–          Restore camera settings

–          Flash (Automatic, Red-eye reduction, On, Off)

–          Scene modes (Automatic, User defined, Portrait, Landscape, Night, Night Portrait)

–          Face detect. (On, Off)

–          Grid  (On, Off)

–          Self Timer (Off, 2 seconds, 10 seconds, 20 seconds)

–          Colour Tone (Normal, Sepia, Black & white, Vivid)

–          White Balance (Automatic, Sunny, Cloudy, Incandescent, Fluorescent)

–          Exposure Level (-2, -1.5, -1, -0.5, 0, +0.5, +1, +1.5, +2)

–          Light sensitivity (Automatic, Low, Medium, High)

–          Contrast

–          Sharpness (Hard, Normal, Soft)

 

Camcorder

–          Video Quality (High Definition, TV high quality, Sharing quality)

–          Save location info (No, Yes)

–          Video stabilisation (On, Off)

–          Audio recording (On, Off)

–          Show last captured video (No, Yes)

–          Default video name (Date, Text)

–          Restore camera settings

–          Lighting (On, Off)

–          Scene modes (Automatic, Low light, Night)

–          White Balance (Automatic, Sunny, Cloudy, Incandescent, Fluorescent)

–          Colour Tone (Normal, Sepia, Black & white, Vivid)

Exposure Level (-2, -1.5, -1, -0.5, 0, +0.5, +1, +1.5, +2)

 

Communication

Panggilan telepon dapat dilakukan dengan menekan nomor telepon secara manual ataupun dari daftar kontak. Selain itu Anda dapat juga menggunakan Voice Recognition untuk melakukan panggilan hanya dengan menyebut nama kontak. Pesan teks dapat ditampilkan dalam bentuk Conversation atau saling bersahutan seperti jendela chat. Komunikasi versi teks dapat dilakukan melalui SMS, MMS, Email dan Chatting. Layaknya ponsel seri E yang lain, Nokia E6 kompatibel dengan teknologi Exchange server. Tersedia juga aplikasi Vlingo yang berfungsi untuk mengubah suara menjadi teks.

 

Connectivity

Konektivitas data pada Nokia E6 ini didukung oleh teknologi HSDPA dan WiFi. Sehingga Anda dapat tetap terkoneksi ke dunia digital kapan saja dan dimana saja. Menu Social network terdiri dari Facebook, RenRen dan Twitter. Untuk mengetahui lokasi, sudah tersedia fitur GPS. Informasi mengenai lokasi ini dapat ditambahkan pada foto, video atau status jejaring sosial. Selain itu Anda dapat juga mendapatkan informasi mengenai cuaca atau informasi lain berdasarkan lokasi saat ini menggunakan aplikasi Here and now.

How To Use Here and now

–          Ketika aplikasi pertama kali digunakan akan tampil kotak dialog Disclaimer, tekan Accept jika Anda menyetujui dan ingin melanjutkan

–          Maka pada layar akan tampil nama kota tempat Anda berada

–          Dibawahnya terdapat kondisi cuaca dan restoran terdekat

–          Klik pada salah satu restoran untuk melihat keterangan rinci

–          Dari keterangan tersebut Anda dapat langsung menelepon restoran dengan menekan tombol dengan logo gagang telepon

–          Informasi tersebut diperoleh dari HungryGo dan Lonely Planet

Layanan-layanan lain yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi antara lain adalah Weather dan Events. Anda dapat memilihnya dengan menggeser tampilan hingga bagian bawah

 

Multimedia

Fitur hiburan pada ponsel ini antara lain adalah Video, YouTube dan Music. Pada menu Music, terdapat fitur Music Player, FM Radio, Ovi Music dan Shazam. Anda dapat juga melakukan penyuntingan gambar dan video menggunakan aplikasi Photo Editor dan Video Editor. Tersedia juga fitur Ovi Store untuk mengunduh berbagai aplikasi, game dan konten.

System

Prosesor yang digunakan pada ponsel ini adalah ARM 11 600 MHz. Tampilan grafis didukung oleh 2D/3D Graphics HW Accelerator. Sistem operasi yang digunakan pada Nokia ini adalah Symbian Anna. Keistimewaan Symbian Anna adalah browser bawaan yang begitu cepat saat digunakan menjelajahi dunia maya. Bahkan ketika digunakan untuk membuka YouTube, tampilan video begitu lancar. Tentu saja, hal ini juga tak terlepas dari koneksi data yang dapat diandalkan.

Memori internal ponsel ini juga sangat lapang, sebesar 8GB. Hal ini pun masih didukung dengan kemampuan slot memori eksternal yang dapat menggunakan micro SD hingga 32 GB. Sistem pada ponsel ini juga didukung oleh RAM sebesar 256 MB dan ROM 1 GB.

Application

Berbagai aplikasi yang mendukung kegiatan kerja sudah membekali ponsel ini. Anda dapat mengaksesnya dengan menekan ikon Office. Menu didalamnya mencakup Dictionary, Intranet, Notes, Quickoffice, Zip, Calculator, Recorder, Adobe Reader, F-Secure, Msg. reader dan Communicator.

{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0