telset

Review LG Optimus 2X

Ponsel ini juga sudah mendukung fitur HDMI, sebagai jalur akses multimedia high definition (HD). Sementara untuk urusan fotografi, LG Optimus terbilang lumayan karena memiliki resolusi kamera 8 MP dengan Flash. LG memang membuat Optimus 2X dengan berbagai kelebihan yang memikat, yang akhirnya berdampak pada harganya yang relatif mahal. Untuk mengetahui spesifikasi lengkap, silahkan simak ulasan berikut.

 

Spesifikasi :

Price Rp 4.449.000

Screen 4 inci dengan Gorilla Glass

Dimension 4 inci dengan Gorilla Glass

Storage 8 GB

Connectivity GSM/HSDPA, Bluetooth, Micro USB

Camera 8 MP, 3264 x 2448 piksel, autofocus, LED flash

Media FM Radio, Pemutar Audio, Video Player

 

Desain

Dengan material layaar Gorilla Glass tak perlu film pelapis anti gores lagi. Terdapat kamera depan dan speaker suara untuk panggilan telepon di bagian atasnya. Empat tombol navigasi sentuh seperti kebanyakan ponsel Android ikut mempercantik tampilan depan yang mulus tanpa keypad. Pada pojok kiri atas ponsel terdapat port audio jack. Sebelah kirinya terdapat tombol on/off yang juga sekalian tombol pengunci. Sementara itu di tengah tengahnya terdapat port untuk HDMI. Port micro USB terletak di antara speaker.

Di bagian tengahnya terdapat rangka dengan warna silver alumunium sejajar dengan tempat kamera 8 MP dan Flash. Cover bagian belakangnya, biarpun plastik tetapi memiliki warna coklat doff yang menambah kesan lux. Kartu GSM dan slot micro SD terletak bersebelahan. Di sisi keduanya terdapat baterai Li-Ion. Perlu mencopot baterai jika mengganti SIM Card tetapi tidak perlu jika hanya mengganti Micro SD.

 

User Interface

LG Optimus 2X merupakan ponsel cerdas dengan layar 4 inci dengan tombol sentuh. Tampilan icon pada menu homescreen pada layar, secara umum mirip seperti ponsel LG Android lainnya. Pada posisi default terdapat empat icon yaitu phone, kontak, pesan dan aplikasi. Untuk penggantian ke modus senyap, menghidupkan WiFi, Bluetooth, GPS dan Autoratete, Anda tinggal menggeser layar bagian atas ke bawah agar muncul icon. Jadi Anda tidak perlu masuk ke menu setting konektivitas sebagaimana kebanyakan ponsel lainnya.

Camera

LG Optimus 2X sudah dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 MP autofokus yang dilengkapi dengan lampu flash LED. Sayangnya tidak terdapat tombol shutter kamera sehingga ini agak menyulitkan ketika ingin memotret objek secara cepat. Secara keseluruhan hasil foto terlihat baik dan minim akan noise.

Camera Settings

–          Resolusi 8 MP, 5 MP, 3 MP, 2 MP, 1 MP, VGA, QVGA

–          Scene Mode (auto, portrait, landscape, sports, sunset, night)

–          ISO (auto, 100, 200, 400, 800)

–          Color Effect  (none, sepia, black and white, negative, blue, emboss, posterize, vivid)

–          Focus (auto, macro, face tracking, manual)

Camcorder Settings

–          Video Size ( Full HD, HD, TV, VGA, QVGA, QCIF)

–          Duration (normal, mms)

–          Storage eksternal atau internal

White Balance (auto, incandescent, sunny, fluroscent, cloudy)

 

Communication

LG memanfaatkan jaringan GSM pada frekuensi quad-band untuk dipakai berkomunikasi lewat suaran maupun pesan. Sementara untuk aplikasi sosial bawaan di LG Optimus 2X terdapat Facebook, Twitter dan MySpace. Anda juga bisa meng-update status sekaligus lewat tiga aplikasi tersebut di fitur My Status. Ketika ada panggilan masuk, Anda cukup menekan icon untuk menerima atau menolak pangilan tersebut. Suara yang dihasilkan dari speaker telepon cukup jelas.

Terdapat juga aplikasi SmartShare. Aplikasi ini berguna untuk sharing konten multimedia seperti lagu, video, dan foto ke perangkat lainnya yang dilengkapi dengan WiFi bersertifikasi DLNA. Aplikasi cerdas lainnya yang terdapat di LG Optimus 2X adalah car home, remote call, back up dan F secure. Sayangnya aplikasi default untuk office hanya bisa membaca. Tidak bisa mengedit atau menulis. Butuh aplikasi tambahan untuk itu.

 

Connectivity

Teknologi GPS dilengkapi dengan dukungan A-GPS. Untuk bertukar data dari PC ke handphone Anda dapat menggunakan port microUSB. Slot eksternal microSD dapat Anda gunakan untuk ekspansi memori handphone hingga 32 GB. Selain itu juga terdapat port microHDMI untuk menghubungkan handphone ke TV HD Anda. WiFi Tethering dapat Anda gunakan untuk menjadikan Optimus 2X sebagai modem internet.

 

Multimedia

LG Optimus 2X dilengkapi dengan dua speaker di sisi bawah yang dapat mengeluarkan suara stereo yang jernih. Di aplikasi pemutar music, Anda juga dapat membuat playlist sendiri  dan menyusun lagu berdasarkan album dan artist. Diperlukan headset untuk dapat mendengarkan Radio FM pada LG Optimus 2X. Tinggal colok kemudian Anda dapat mendengarkan Radio dengan pilihan loudspeaker atau headset. Radio dapat Anda cari secara manual ataupun otomatis, adanya RDS memudahkan kita untuk dapat mencari stasiun radio ditempat kita berada.

LG Optimus 2X dapat memainkan beragam format video seperti MP4, H.264, H.263, WMV, serta DivX/XviD. Saat video beresolusi 720p berformat DivX coba diputar dengan aplikasi SmartShare, video dapat dengan lancar pada layar Optimus 2X.

 

System

Pada pembelian pertama kali, Anda hanya akan mendapatkan sistem operasi Android versi 2.2 atau Froyo, tapi dikemudian hari dimungkinkan jika hendak mengubahnya menjadi versi 2.3 Gingerbread. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti update sistem baru dari Google dan menginstalnya sendiri atau lewat bantuan customer service LG.

 

Application

Ada beberapa aplikasi bawaan dari LG Optimus 2X seperti car home. Aplikasi ini berguna untuk Anda yang sedang menyetir mobil. Pada aplikasi ini terdapat 6 fitur seperti navigasi, maps, pencarian dengan bantuan suara, pemutar musik, melakukan panggilan, dan kontak. LG juga menambahkan sebuah fitur baru pada Car Home yang mana tidak terdapat pada handphone Android LG sebelumnya yaitu fitur untuk meredupkan cahaya latar pada layar agar handphone Anda tidak terlihat dari luar mobil sehingga Anda aman dalam menggunakan fitur ini didalam mobil Anda.

Selain itu juga ada tambahan aplikasi Remote Call. Aplikasi ini berguna untuk mengontrol PC Anda menggunakan handphone. Namun Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi ini juga pada PC yang ingin Anda kontrol. Cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi Team Viewer.{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0