Review CSL Blueberry 5800

Tak hanya mengandalkan tombol QWERTY dan dual SIM Card. Ponsel ini juga diperkaya dengan fungsi TV dan radio. Walaupun tampilannya masih khas menu MTK, namun CSL Blueberry berusaha menampilkan ciri khasnya sendiri dengan aplikasi khusus Blueberry yang terdiri dari Blueberry Store, Blueberry Messenger, BB Game dan BB Music.

 

Spesifikasi :

Screen 2.3 inchi Display, TFT LCD 230×240 pixel 262K

Dimension 110 x 57 x 10.8

Storage 110 x 57 x 10.8

Connectivity dual GSM, GPRS, EDGE, Bluetooth, mini USB

Camera 2 MP

Media TV, FM Radio, Audio Player, Video Player

 

Desain

Menu utama diakses dengan menekan tombol Call 2. Sedangkan tombol yang terletak di sebelah kiri tombol navigasi berfungsi untuk mengakses aplikasi khusus Blueberry. Bagian atas terdapat port charger dan port mini USB. Selain itu ada juga slot antena TV dan radio di pojok kiri atas. Pada sisi kanan terdapat tombol kamera dan tombol volume. Di bagian ujung bagian atasnya terdapat pengait untuk memasang gantungan hiasan. Pada sisi kanan terdapat tombol kamera dan tombol volume. Di bagian ujung bagian atasnya terdapat pengait untuk memasang gantungan hiasan. Cover belakang agak sulit dibuka. Di dalamnya terdapat slot SIM Card yang modelnya bertumpuk. Di sebelahnya terdapat slot micro SD. Untuk memasukkan SIM Card dan memori eksternal harus melepas baterai terlebih dahulu. Kapasitas baterai adalah 780 mAh.

 

 

User Interface

Fungsi andalan berupa TV dan Radio pada ponsel ini dapat diakses secara cepat menggunakan shortcut pada jajaran tombol-tombol keyboard. Selain itu terdapat juga tombol shortcut untuk menulis pesan teks baru dan mengakses pemutar musik. Pada posisi home screen, di barisan bawah terdapat shortcut untuk mengakses pesan teks, Phonebook, Facebook, Favourite, Opera dan File Manager. Indikator baterai terdapat di pojok kiri atas, sedangkan indikator sinyal terdapat di pojok kanan atas. Fungsi andalan berupa TV dan Radio pada ponsel ini dapat diakses secara cepat menggunakan shortcut pada jajaran tombol-tombol keyboard. Selain itu terdapat juga tombol shortcut untuk menulis pesan teks baru dan mengakses pemutar musik. Pada posisi home screen, di barisan bawah terdapat shortcut untuk mengakses pesan teks, Phonebook, Facebook, Favourite, Opera dan File Manager. Indikator baterai terdapat di pojok kiri atas, sedangkan indikator sinyal terdapat di pojok kanan atas.

Camera

Hasil tangkapan gambar cukup bagus. Baik dalam kondisi pencahayaan yang cukup ataupun kurang. Tersedia flash untuk membantu pencahayaan pada kondisi kurang terang. Sedangkan untuk membuat foto diri, terdapat cermin mungil di bawah kamera. Jika kurang besar, toh dapat juga menggunakan cover belakang ponsel yang bernuansa stainless steel sehingga dapat memantulkan bayangan diri. Resolusi ponsel mencapai 2 MP dan ada 3 macam pilihan kualitas gambar.

Camera Mode

Camera settings

–          LED highlight (On, Off)

–          Shutter sound (Off, Sound 1, Sound 2, Sound 3)

–          Exposure Value (-2, -1.5, -1, -0.5, 0, +0.5, +1, +1.5, +2)

–          Contrast (Low, Medium, High)

–          Anti-flicker (50Hz, 60Hz)

–          Delay timer (Off, 5 sec, 10 sec, 15 sec)

–          Cont. shot (Off, 1 shot, 3 shots, 5 shots)

 

Image settings

–          Image size (160 x 120, 320 x 240, 640 x 480, 800 x 600, 1600 x 1200)

–          Image quality (Low, Normal, High)

–          White balance (Auto, Daylight, Tungsten, Fluorescent, Cloudy, Incandescent)

–          Scene mode (Auto, Night)

–          Effect settings (Normal, Grayscale, Sepia, Sepia green, Sepia blue, Color invert)

–          Storage (Phone, Memory card)

–          Restore Default

 

Camcorder

Camcorder settings

–          Exposure Value (-2, -1.5, -1, -0.5, 0, +0.5, +1, +1.5, +2)

–          Night mode (On, Off)

–          Anti-flicker (50Hz, 60Hz)

 

Video settings

–          Video quality (Sharing quality, Handset normal quality, Handset good quality, Handset high quality)

–          Size limit reached (95 KB, 195 KB, 295 KB, No limit)

–          Time limit reached (15 sec, 30 sec, 60 sec, No limit)

–          Record audio (On, Off)

–          White balance (Auto, Daylight, Tungsten, Fluorescent, Cloudy, Incandescent)

–          Effect settings (Normal, Grayscale, Sepia, Sepia green, Sepia blue, Color invert)

–          Storage (Phone, Memory card)

Restore Default

 

Communication

Walaupun ponsel ini bernuansa Telkomsel, namun dua slot SIM Card tidak dikunci. Anda dapat menggunakan operator mana pun pada kedua slot. Demi memudahkan fungsi menelepon, tersedia dua tombol Call. Terdapat fitur Blacklist untuk memblokir panggilan yang tidak dikehendaki. Terdapat beberapa aplikasi Messenger dan aplikasi Social Networking. Selain itu terdapat juga fasilitas Me World yang berfungsi untuk mngecek Email, Chatting, berbagi foto dan audio kapan saja dan dimana saja.

 

Connectivity

Teknologi GPRS digunakan untuk melakukan koneksi data pada ponsel. Sedangkan untuk melakukan koneksi nirkabel dengan perangkat lain dapat memanfaatkan Bluetooth. Jika ingin menghubungkan ponsel ke komputer, dapat melalui port mini USB. Saat kabel data dihubungkan ke komputer, maka akan tampil pilihan Mass storage, webcam, COM port dan Java connection pada layar ponsel. Menjelajahi internet dapat dilakukan menggunakan browser WAP, selain itu terdapat pula menu Favourite yang berisi situs-situs pilihan seperti Azan Time Live, Oke zone, Viva, Kapan Lagi, detik, Kompas, Google Translate, Google Search, Sederet dan Wapedia. Tersedia juga menu khusus untuk berlangganan SMS Premium dan mengakses Me World.

How To Activate Premium SMS

–          CSL cukup lihai untuk berjualan SMS Premium melalui ponselnya

–          Jika ingin berlangganan SMS Premium, cukup masuk ke menu CSL Fun Club dari menu utama

–          Tersedia 9 pilihan kategori SMS Premium, yaitu Berita Utama, Video dan Musik, Sepak Bola, Sepak Bola, Olah Raga Motor, Infotainment, Horoskop, Islam dan Kristen

–          Pilih salah satu kategori, misalnya Video dan Musik

–          Kemudian untuk mengaktifkan layanan pilih yang berawalan Aktifkan

–          Sedangkan untuk menghentikan layanan, pilih yang berawalan Berhenti

How To Access Social Networking

–          Dari menu utama pilih menu Social Networking Pada menu tersebut, tersedia pilihan Facebook, Twitter, Friendster, mySpace, hi5 dan LinkedIn

–          Pilih salah satu Social Networking yang akan diakses, misalnya Facebook. Maka akan terbuka versi WAP situs tersebut

–          Masukkan nama user dan kata sandi

 

Multimedia

Selain Videp player dan Audio player, ponsel ini juga menyediakan fitur hiburan berupa TV analog dan Radio. Fitur radio memiliki 20 slot untuk menyimpan frekuensi, dan tersedia juga fungsi rekam. Format yang dapat diputar pada video player hanyalah 3GP, tidak kompatibel dengan AVI.

System

Layaknya ponsel Cina, ponsel ini masih menggunakan platform MTK. IC yang digunakan adalah MT 6225. Tidak dibutuhkan aplikasi khusus untuk menghubungkan ponsel dengan komputer. Kecuali jika ingin menggunakan fungsi COM Port, maka Anda harus menginstal Phone Suite terlebih dahulu. Pengoperasian ponsel ini sepenuhnya dilakukan menggunakan tombol keyboard dan tombol bantu di sisi kanan ponsel, tidak tersedia layar sentuh. Memori internal pada ponsel sangat minim, hanya 205.5 KB. Sehingga jika ingin memaksimalkan fitur kamera, sebaiknya menggunakan memori eksternal sebagai media penyimpannya. Ponsel sudah didukung juga dengan teknologi Java, sehingga dapat menginstal aplikasi tambahan baik pada ponsel maupun pada memori eksternal.

Application

Beberapa aplikasi Instant Messenger sudah tersedia dalam bentuk pre-instal. Jika ingin menggunakan, pilih pada salah satu aplikasi, maka ponsel akan melakukan update. Sedangkan menu Social Networking tidak menyediakan aplikasi, melainkan sekedar link untuk mengakses versi WAP dari situs tersebut. Aplikasi Java yang sudah tersedia pada ponsel ini adalah Blueberry Messenger, eBuddy, mig33 dan Opera Mini. Hanya tersedia 2 permainan, yaitu F1 race dan Puzzle. Aplikasi non Java yang tersedia pada ponsel antara lain adalah Blacklist, Azan Alarm, Calculator dan Ebook reader. Anda dapat juga mengunduh aplikasi melalui Blueberry Store.

{jcomments on}

Previous articleSpice i2i Resmi Akuisisi Grup Pemilik Nexian
Next articleRIM Segera Rilis BlackBerry Torch 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here