Awas! Ransomware EvilQuest dari Rusia Intai Perangkat Mac

Ransomware EvilQuest Mac

Telset.id, Jakarta Ransomware baru nan berbahaya bernama EvilQuest kabarnya menyebar di Mac lewat software bajakan. Ransomware tersebut ditemukan ketika beberapa pengguna mengunduh aplikasi Little Snitch bajakan dari forum Rusia.

Selama ini, tak sedikit pengguna yang memilih memakai aplikasi bajakan. Padahal, perangkat lunak bajakan membawa banyak risiko. Selain ilegal, sumber tempat unduhan juga tidak dapat dipercaya.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Kamis (02/07/2020), beberapa pengguna menemukan ransomware EvilQuest menargetkan komputer Mac yang juga disebarkan via aplikasi bajakan.

{Baca juga: Cara Pintar ala Kaspersky untuk Mencegah Ransomware Berbahaya}

Ransomware itu ditemukan kala beberapa pengguna mengunduh aplikasi Little Snitch dari forum Rusia. Unduhan tersebut sebenarnya berisi aplikasi serta menginstal data yang dapat dieksekusi tambahan.

Informasi menyatakan bahwa malware tersebut cukup cerdas karena setelah terinstal, file dipindahkan ke lokasi baru dan diubah nama menjadi CrashReporter agar tetap tersembunyi di macOS Activity Monitor.

{Baca juga: Awas Pembajakan! Hacker Sebar Hoaks Corona Berisi Malware}

Seperti kebanyakan, ransomware itu akan melanjutkan untuk mengenkripsi semua file di komputer Mac. Kemudian, pengguna harus membayar USD 50 atau setara Rp 724 ribuan untuk mendekripsi file mereka supaya bisa mendapatkannya kembali.

Selain mengunci file-file Anda, malware tersebut juga akan menginstal keylogger untuk memantau penekanan tombol. Tujuannya, mungkin, supaya pengguna memasukkan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit. (SN/MF)

10 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here