telset

Rame-rame Borong 1000 Paten Kodak

Kodak di masa kejayaannya tahun 1902
Ilustrasi

Jakarta – Setelah menyatakan bangkrut pada Januari 2012 lalu, produsen kamera Eastman Kodak menjual properti bisnis mereka, termasuk ribuan paten milik Kodak. Penjualan paten ini langsung diserbu sejumlah raksasa teknologi, seperti Microsoft dan Apple.

Selain kedua perusahaan tadi, paten-paten milik Kodak juga diminati oleh perusahaan teknologi dan vendor ponsel, seperti Google, Research in Motion, Adobe, Samsung, HTC, Facebook, dan lainnya.

Pada awal minggu lalu, hakim di pengadilan telah menyetujui penjualan lebih dari 1000 paten milik Kodak. Namun harga penjualan paten tersebut dikabarkan jauh dari harga yang diharapkan perusahaan raksasa kamera yang pernah berjaya di tahun 80-an itu.

Menurut laporan Wall Street Journal, harga akhir untuk paten-paten yang dijual tersebut senilai USD527 juta. Harga ini jauh dari yang diharapkan Kodak saat pertama kali ingin membawa patennya untuk dilelang pada Juli 2012 lalu. Saat itu Kodak berharap bisa mengantongi paling tidak lebih dari USD2 milyar.

Proses lelang ini memang belum resmi sepenuhnya, karena ada beberapa persetujuan badan internasional yang harus dipenuhi. Diperkirakan semua proses tersebut baru akan selesai di akhir Februari ini. Demikian dikutip telsetNews dari Cnet, Selasa (15/1).

Seperti diketahui Kodak pertama kali dinyatakan pailit pada bulan Januari 2012 lalu. Kurang dapat bersaing dengan para kompetitornya membuat Kodak harus gulung tikar akibat krisis keuangan yang membelit perusahaan tersebut.

Setelah menyatakan bangkrut, semenjak itulah mereka mulai menjual satu persatu properti bisnisnya, termasuk bidang printer dan lisensi nama Kodak ke perusahaan lain bernama JK Imaging.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0