Proyek YOCTO dari Linux

JAKARTA – Mungkin sekarang kita bisa sedikit lega tentang bagaimana mengoperasikan atau ingin mencoba merombak dan me-redesign system operasi linux. Proyek Yocto yang akan menjawab ini,  sebuah proyek yang di kembangkan ole Linux Foundation adalah proyek open source yang akan menyediakan template, atau alat dan metode untuk membantu kita menciptakan system berbasis Linux custom yang akan di pasang pada computer.

Proyek Yocto telah kompatibel dengan OpenEmbedded , membangun kerangka untuk Linux yang terpasang. Yayasan Linux akan terus memberikan dukungan dan bimbingan untuk upaya ikut bergabung. Sebagai usaha memberikan semangat dan akses kemudahan agar Linux bisa lebih banyak terpasang pada mesin computer masa depan.

Usaha ini pun banyak didukung oleh perusahaan besar lainnya seperti Intel, Texas Instrument, dan MontaVista Software. Kita tau Linux Foundation juga telah mengembangkan OS Meego yang telah anyar nya, dan OS open source nya yang lain. Sehingga Linux bukan lagi sebuah system operasi yang menakutkan. Namun suatu open source yang bisa memberikan gairah bagi para pengembang untuk lebih memajukan lagi system operasi ini. Mereka juga berharap membantu ekosistem Linux yang lebih besar tetap sehat dan fungsional.

Di kutip dari cruhgear.com, Jim Zemlin “Proyek Yocto dan komunitas OpenEmbedded membawa bersama para pemangku kepentingan kunci industri dari komunitas Linux tertanam untuk membangun inti set teknologi untuk memajukan Linux untuk sistem berkembang dan pasar perangkat”. ujar, direktur eksekutif di The Linux Foundation. “Ini semacam kolaborasi besar adalah apa yang membuat Linux kekuatan pendorong di belakang inovasi teknologi baru hari ini.”

“The open source Yocto Proyek menyatukan elemen yang diperlukan untuk membuat proses pengembangan embedded Linux lebih mudah,” kata Philip Balister, Wakil Ketua, Dewan OpenEmbedded. “Kami senang bisa bekerja sama dengan Proyek Yocto dan percaya dapat meningkatkan upaya pengembangan Linux untuk embedded system dan perangkat.” Semoga Linux yang akan berkembang ini menjadi sebuah open source yang sangat user friendly. [wn/ hbs]

Previous articleTeknologi ASUS Tanggulangi Masalah Sampah
Next articleRobot Yang Jago Main Basket

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here