Pria Ini Klaim Bisa Atasi Ransomware WannaCry

Telset.di, Jakarta – Malware Ransomware WannaCry berhasil menggegerkan dunia. Bahkan kini, sang peretas mulai mengincar Indonseisa sebagai negara tujuan kejahatan mereka.

Namun ternyata, seperti dikutip dari laman BussinesInsider, seorang pemuda asal Inggris yang mengaku sebagai MalwareTech mengaku dapat mengatasi serangan tersebut. Pria yang diketahui berusia 22 tahun ini mengungkapkan aksinya tersebut melalui akun @malwaretechblog.

Dalam aksinya, dia tidak sendirian. Dia dibantu oleh Darien Huss dari perusahaan keamanan Proofpoint untuk melakukannya.

[Baca juga: Total Ada 75 Ribu Kasus WannaCry di 100 Negara]

“Saya menemukan beberapa malware terhubung dengan domain yang spesifik, tapi tak didaftarkan,” ujar pria yang bekerja untuk perusahaan anti virus asal Amerika Kryptos Logic.

Dia sendiri mengatakan mereka ingin membeli domain-domain tersebut. Mereka menuturkan bahwa dirinya akan bekerja untuk melacak botnet, sehingga pendaftaran domain semacam ini mampu memberikan gambaran untuk mengetahui bagaimana caranya botnet menyebar.

Untuk saat ini, dia memilih untuk tetap menjaga identitasnya. Dia mengaku bahwa tak masuk akal jika dia harus menunjukan identitasnya saat ini, terlebih ia kini tengah bekerja melawan penjahat yang jelas tak suka dengan aksinya tersebut.

[Baca juga: Catat! Ini Langkah Antisipasi Serangan “WannaCry”]

Terakhir dia mengatakan hal yang sekarang sedang dilakukan belum selesai. Dia mengingatkan kepada seluruh pengguna komputer di seluruh dunia untuk tetap melakukan pengamanan terhadap perangkat mereka.

“Karena itu, selalu aktifkan Windows update. Setelahnya lakukan pembaruan dan reboot,” ujarnya. [NC/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here