Setop Posting Foto Kelulusan di Facebook, Ini Alasannya

posting foto di Facebook

Telset.id, Jakarta  – Pengguna Facebook sering berbagi foto kelulusan sekolah di tengah krisis virus corona. Namun harus hati-hati posting foto di Facebook, karena para penjahat siber siap beraksi.

Laporan dari Better Business Bureau, organisasi advokasi konsumen dan riset pasar nirlaba, bahwa para pengguna Facebook harus berhati-hati posting foto di Facebook.

{Baca juga: 10 Tips Facebook Ini Bantu Kamu Identifikasi Hoaks soal Corona}

Menurut New York Post, seperti dikutip Telset.id, Kamis (16/4/2020), Better Business Bureau menyebut bahwa peretas merekayasa informasi sensitif dari postingan untuk meretas berbagai akun online pengguna,  termasuk informasi perbankan.

Peretas dapat mencari postingan menggunakan tagar yang disertakan # ClassOf2020 untuk menentukan sekolah menengah atas dan tahun kelulusan, kota asal, nama keluarga, serta informasi publik lain yang tercantum di profil pengguna.

Informasi tersebut dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan keamanan online atau menebak kata sandi guna membongkar akun target. “Kami memperingatkan semua orang untuk menyadari apa yang diposting,” ujar Better Business Bureau.

Better Business Bureau mengimbau kepada pengguna untuk menahan godaan mengunggah foto kelulusan sekolah meski tak tahan melihat postingan orang lain. “Kalau merasa tidak nyaman berpartisipasi, jangan melakukannya,” ucapnya.”

Better Business Bureau merekomendasikan siapa pun yang telah membagikan postingan # ClassOf2020 untuk meninjau pengaturan keamanan akun di semua platform media sosial guna melihat apa yang dibagikan dan kepada siapa.

Pandemi virus corona telah mengakibatkan peningkatan kewaspadaan terhadap ancaman scammer. Sebelumnya, para pejabat federal AS mengungkapkan bahwa para scammer berusaha untuk menipu orang-orang dari upaya pemeriksaan stimulus.

Facebook sendiri baru saja mengumumkan peluncuran aplikasi Tuned, yang telah dirancang khusus untuk pasangan. Lantas, bagaimana dengan Facebook Messenger dan aplikasi perpesanan buatan Facebook lainnya?

{Baca juga: Facebook Rilis Aplikasi Tuned Khusus untuk Pasangan}

Jika ingin membagikan foto dan mengirim pesan kepada orang-orang tersayang di Facebook tetapi tidak mau mengirim spam ke teman dengan topik nggak mutu, Anda sepertinya beruntung karena kini bisa menggunakan aplikasi Tuned.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Tuned dirancang dalam gaya memo, sehingga pengguna dapat mengumpulkan memori dalam format yang lebih bagus.

Menurut laporan Ubergizmo, dikutip Telset.id, Rabu (8/4/2020), beberapa fitur Tuned punya kemampuan untuk menghubungkannya dengan Spotify. Pengguna bisa berbagi hal seperti lagu dan daftar putar. [SN/HBS]

 

SOURCENew York Post
Previous articleIlmuwan Manfaatkan Momen Lockdown untuk Simulasi ke Mars
Next articleGoogle dan Stanford Bikin Peta Virus Corona Interaktif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here