Ponsel Ubuntu Jadi Kenyataan, Dijual Mulai Minggu Depan

ubuntuJAKARTA – Jalan panjang Ubuntu untuk terwujud dalam sebuah ponsel jadi kenyataan setelah menunggu selama hampir dua tahun. Ponsel dengan sebutan Aquaris E4.5 Ubuntu Edition merupakan salah satu smartphone yang layak dirlirik. Ponsel pintar ini diproduksi perusahaan Spanyol BQ.

Seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (07/02/2015), pabrikan kecil ini merupakan produsen tablet dan ereader yang mengadaptasi handset Androidnya untuk menjalankan Ubuntu. Lalu menjualnya di harga US$ 190 dalam sebuah penjualan cepat di Eropa.

Cara penjualan ini juga merupakan hal baru di Eropa. Follower dari akun @ubuntu dan @bqreaders di Twitter merupakan mereka yang pertama kali diberi tahu mengenai keberadaan Aquaris E4.5 UE, serta pertama kali ditawari handset ini.

Dengan harga sederhana, ponsel pintar Ubuntu ini menawarkan spesifikasi lumayan. Dengan layar 4,5 inchi tampilannya hanya menawarkan resolusi qHD (540×960). prosesornya 1,3 GHz quad core Media Tek. Tidak ada opsi LTE. Ruang simpan terbatas 8 GB. Untuk ekspansi ruang simpan tersedia micro SD card dengan dua slot. Satu-satunya spesifikasi yang menarik yakni kamera depan dengan resolusi 5 MP.

Menyasar kelas menengah bawah, ponsel pintar Ubuntu ini akan mendapakan kompetisi ketat dari alternatif lain yang lebih murah seperti Moto E dari Android dan Lumia yang menjalankan Windows Phone. Well, kita lihat kiprah Ubuntu di pasar smartphone. (AI/MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI