telset

Pilot Boleh Aktifkan iPad Saat Terbang

Jakarta – Tidak lama lagi mungkin penggunaan perangkat telekomunikasi di dalam pesawat akan diizinkan. Pasalnya, Federal Aviation Administration (FAA) telah memberikan izin bagi pilot maskapai penerbangan American Airlines untuk menggunakan iPad selama dalam penerbangan.

Maskapai penerbangan American Airlines memang menjadi yang pertama diizinkan oleh FAA menggunakan iPad di dalam pesawat. Namun memang izin yang dikeluarkan FAA ini tidak untuk para penumpang, melainkan hanya bagi pilot.

iPad itu nantinya digunakan para pilot maskapai penerbangan komersial itu untuk menggantikan buku manual penerbangan yang terdapat di kokpit pesawat.

Pihak American Airlines menerangkan bahwa buku manual yang selama ini digunakan cukup membebani pesawat karena meiliki berat sekitar 15 kilogram. Oleh sebab itu, dengan beralih ke iPad, maka American Airlines dapat menghemat USD1,2 juta sebagai ganti beban konsumsi bahan bakar.

“Ini sangat menarik dan merupakan batu loncatan penting bagi kita semua di American Airlines, karena kami bekerja untuk memodernisasi proses dan langkah terbaik untuk memenuhi kebutuhan orang-orang kami,” kata Kapten John Hale, Vice Presiden of Flight American Airlines yang dikutip telsetNews dari CNet, Selasa (11/9).

“Dengan persetujuan dari FAA, kami bisa menggunakan iPad untuk mendapat manfaat secara penuh pada program Electronic Flight Bag milik kami, termasuk memperbaiki lingkungan kerja pilot-pilot kami, mengurangi ketergantungan terhadap kertas dan meningkatkan efisiensi bahan bakar pesawat,” tambahnya.

Walaupun telah mendapat restu FAA, namun iPad yang digunakan para pilot tersebut tetap memperhatikan faktor keselamatan. Oleh sebab itu, tablet tersebut akan menggunakan perangkat lunak dari Jeppesen.

Seperti diketahui, Jeppesen merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melacak seluruh penerbangan dan memandu saat akan lepas landas maupun mendarat.[hbs]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0