telset

Petinggi Samsung Ini Seorang Apple Fanboy

Young Sohn, Chief Strategy Officer Samsung

Jakarta – Samsung dan Apple selama ini dikenal seperti “anjing dan kucing” karena saling bersaing. Namun siapa yang sangka jika salah satu petinggi raksasa elektronik Korea Selatan itu adalah merupakan ‘Apple Fanboy’.

Adalah Young Sohn, Chief Strategy Officer Samsung, petinggi Samsung yang bertanggungjawab dalam pengembangan inovasi dan strategi global, yang mengakui sebagai pengguna setia produk-produk Apple.

“Saya pikir kekuatan Apple bukan hanya terletak pada produknya saja, tapi ekosistemnya yang disukai konsumen, seperti iCloud. Saya senang keluarga saya yang berada 6.000 mil jauhnya di Korea bisa terus memantau kegiatan dan foto-foto saya. Ini membuat ketergantungan, tapi arsitekturnya jelas hanya bisa dipakai Apple saja,” kata Young, yang dikutip telsetNews dari mashable, Senin (17/12).

Young bahkan tanpa sungkan mengakui selalu menggunakan komputer Mac, smartphone iPhone, dan tablet iPad kemanapun ia pergi. Namun dia juga tetap menggunakan perangkat seri Galaxy buatan Samsung tentunya.

Sebagai pencinta produk Apple dan juga sekaligus memakai produk-produk Samsung, Young mengakui cukup kerepotan untuk mensinkronkan dua jenis sistem yang berbeda itu.

“Saya harus mencari tahu bagaimana caranya mensinkronisasikan semua kontak dan jadwal saya di kedua sistem itu. Agak merepotkan, tapi ternyata bisa dilakukan,” ucap Young.

“Menurut saya, Galaxy Nexus merupakan smartphone yang lebih baik. Layarnya lebih bagus, kinerjanya pun kencang, tapi pada akhirnya harus diakui ekosistem menjadi hal yang paling penting,” tuturnya.

Dia menyebutkan, masa depan teknologi terletak pada teknologi cloud, big data, ekosistem mobile, dan infrastruktur enterprise. Oleh sebab itu, tegas Young, ia akan mengarahkan Samsung fokus ke area-area tersebut.

Saat ini, lanjutnya lagi, Samsung telah mulai meningkatkan investasinya untuk melakukan riset dan pengembangan agar dapat menarik entrepreneur serta rekanan untuk membangun dan mendukung platform dan ekosistem Samsung.

Walaupun Samsung saat ini telah didapuk Gartner sebagai produsen rangkat mobile terbesar dengan angka penjualan 98 juta unit dan penguasaan pasar global 22,9% di kuartal ketiga 2012, namun raksasa Korea ini masih belum berpuas diri.

Samsung masih terus meningkatkan investasi teknologinya, termasuk dengan mendirikan dua gedung riset dan pengembangan baru di Silicon Valley, Amerika Serikat, yang akan diperkuat sekitar 2.000 orang karyawan.

Persaingan yang kian meruncing dengan Apple tak menyurutkan niat Samsung untuk membungkam pesaingnya itu. Samsung sepertinya ingin berusaha mengubah citranya dari “pengikut”, menjadi “innovator” dalam dunia consumer technology.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0