telset

Petinggi Apple: Banyak Pengguna Android Pindah ke iOS

Phill Schiller, kepala marketing Apple
Phill Schiller, kepala marketing Apple

Jakarta –  Di saat Samsung tengah bersiap meluncurkan Galaxy S IV,  tiba-tiba kepala marketing Apple, Phil Schiller melontarkan kritikannya kepada rival beratnya itu dan juga ke Android. Menurutnya, pengguna Android tidak loyal dan banyak yang memilih untuk pindah ke iOS.

Schiller mengungkapkan, badan riset internal Apple melaporkan bahwa pengguna Android yang pindah ke perangkat iOS Apple empat kali lebih banyak dibandingkan pengguna Apple yang pindah ke Android.

Dia meragukan laporan IDC yang menyebutkan Apple hanya memiliki 19% pangsa pasar smartphone global. Menurut IDC, dari jumlah total  smartphone yang dikapalkan tahun lalu ke seluruh dunia, 70% nya adalah perangkat Android.

Schiller menyatakan tidak yakin dengan sistem perhitungan yang dibuat IDC, dan mengatakan hasil laporan data estimasi yang dibuat IDC tidak akurat.

Ia juga menyatakan bahwa Android telalu banyak banyak model dan variasi software. Akibatnya, banyak pengguna Android yang terjebak memakai OS versi lamanya.

“Hanya 16% pengguna Android memakai versi OS yang berumur satu tahun. Dan lebih dari 50% masih memakai software yang berumur dua tahun,” sebutnya, seperti yang telsetNews kutip dari BGR, Kamis (14/3).

Tak puas sampai disitu, Schiller juga menyindir smartphone Galaxy S IV yang sebentar lagi akan diumumkan Samsung. Walaupun diakuinya smartphone ini berpotensi sebagai pesaing terberat iPhone, namun ia menilai ponsel pintar buatan Samsung itu ada kekurangannya.

“Dari informasi yang saya dengar pada minggu ini, Galaxy S IV dikatakan akan dikapalkan dengan OS yang umurnya hampir setahun. Pengguna dibuat harus menunggu untuk mendapatkan update. Itu merupakan masalah,” sindir Schiller.

Ia membandingkan pengguna iOS yang separuh di antaranya sudah memakai versi terbaru. Selain itu, dia juga menilai pengalaman memakai Android inferior dibandingkan menggunakan iOS.

“Perangkat Android biasanya ditujukan sebagai pengganti untuk feature phone, sehingga pengalaman pemakainya tidak sebaik iPhone,” klaimnya.

Petinggi yang satu memang sangat gemar melontarkan kritikan-kritikan pedas untuk menyerang rival terberatnya asal Korea Selatan itu.

Sebelumnya Schiller lewat akun Twitter-nya menyatakan bahwa Android banyak menyimpan malware dan berbahaya bagi keamanan ponsel itu sediri. Dalam kicauannya itu dia menuliskan kalimat, “be safe out there” untuk pengguna Android.

Ia kemudian membeberkan hasil laporan perusahaan keamanan F-Secure yang  menyebutkan bahwa 79% dari 300 ancaman di tahun 2012 lalu, terindikasi di smartphone berbasis Android.[wnh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0