Pesan di Facebook Messenger akan Bisa Terhapus Sendiri

Telset.id, Jakarta – Tal hanya WhatsApp yang mendapatkan beberapa peningkatan dan penambahan fitur, tapi aplikasi Facebook Messenger yang akan mendapat giliran menerima fitur baru. Fitur baru yang diberikan kali ini untuk memberikan peningkat privasi pengguna.

Sebelumnya WhatsApp telah memberikan update terbaru yang menyempurnakan enkripsi end-to-end secara default bagi penggunanya. Kini Facebook dikabarkan akan menambahkan fitur baru “self-destruct,” yang memungkinkan pesan yang dikirimkan dapat dihapus beberapa saat setelah dibaca oleh penerimanya.

[Baca juga: Chat di WhatsApp Makin Aman, Kenapa?]

Hal ini diungkapkan oleh sebuah akun Twitter @iOSAppChanges, yang baru-baru ini merilis screenshot yang menunjukkan fitur Messenger yang akan dimiliki oleh platform iOS.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk diberi kesempatan memilih opsi menghancurkan pesan yang dikirimkan dalam hitungan menit, jam, hari, bulan, atau bahkan tahun.

Jika opsi waktu menghancurkan pesan sudah dipilih, maka nantinya saat telah sampai waktu yang telah diatur, maka pesan yang dikirimkan itu akan terhapus sendiri. Kemudian pengguna akan mendapatkan pesan tertulis bahwa “Anda mengaktifkan pesan yang dihilangkan”, dan pengguna juga diberikan catatan waktu saat pesan itu terhapus.

[Baca juga: Whatsapp akan Punya Fitur Voicemail & Kirim File ZIP]

Selain fitur pesan “self-destruct”, Facebook juga menyiapkan fitur baru lainnya, yakni “chat rahasia” untuk Messenger. Sayangnya, meskipun sudah ada di versi 67.0 yang telah, namun fitur ini masih belum bisa digunakan oleh pengguna umum.

Jika melihat fitur-fitur baru yang akan dihadirkan Facebook pada Messenger, sebenarnya banyak kemiripan dengan fitur yang sudah ada di aplikasi Telegram. Aplikasi pesan instant ini juga membatasi pengguna untuk memakai satu perangkat saja, termasuk pesan yang terenkripsi untuk pengirim dan penerima.

Well, yang pasti fitur baru ini tak hanya akan diberikan untuk pengguna iOS saja, tapi juga akan hadi di perangkat Android. Nah, kita tunggu kapan Facebook akan merilis fitur-fitur barunya ini. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI