telset

Pertumbuhan Layanan M2M XL Lampaui Industri

Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini
Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini (kanan)

Jakarta – Sejak diluncurkan tahun 2011 lalu, layanan machine to machine (M2M) XL terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Pesatnya pertumbuhan itu ditandai dengan terlampauinya target jumlah pelanggan M2M di 2012.

“Kami sebelumnya menargetkan bisa meraih 100 ribu pelanggan di 2012. Tapi ternyata target itu bisa terlampaui, karena hingga akhir 2012 ini pelanggan M2M XL sudah mencapai 104 ribu pelanggan,” kata Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini di acara media update, Jakarta, Rabu (19/12).

Dian juga menyebutkan bahwa pertumbuhan pelanggan M2M XL yang mencapai 68% lebih tinggi dari angka pertumbuhan industri yang hanya mencatat angka sekitar 45%.

Ia mengungkapkan, potensi layanan M2M di Indonesia masih sangat besar. “Kami sangat serius mengembangkan layanan M2M, karena selain potensinya yang luar biasa besar, juga layanan ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat,” jelasnya.

Dan berkaca dari keberhasilan XL yang bisa melampaui target jumlah pelanggan di tahun 2012 ini, maka target tinggi pun dicanangkan untuk tahun 2013. ”Di tahun 2013 kami targetkan bisa memiliki 1 juta pelanggan,” ucap Dian.

Untuk memenuhi target tersebut, lanjutnya lagi, saat ini XL sudah mengembangkan dua layanan baru, yakni automated meter reading (AMR) dan personal tracker yang mulai diminati kalangan korporat maupun personal.

AMR biasanya dipasang pada meteran listrik, air dan gas dan memiliki kemampuan mencatat secara otomatis. “AMR ini sudah dimanfaatkan PT PLN untuk mengontrol jumlah pemakaian listrik dan mengurangi potensi kerugian akibat kesalahan pencatatan atau pencurian listrik,” tuturnya.

Sementara personal tracker adalah adalah perangkat mobile GPS yang memiliki kemampuan untuk dapat mengirimkan informasi lokasi. “Alat ini sangat berguna untuk menjaga dan memantau kondisi dan keberadaan anak-anak maupun orang tua berusia lanjut,” jelas satu-satunya direktur wanita di XL ini.

Saat ini XL telah mengembangkan enam jenis layanan M2M, yakni Automated Metering Reader (AMR), Electronik Data Capture (EDC), Enterprises Mobile Solution (EMS), Vehicle Tracking System (XLocate), Mobile Surveillance, Personal Tracker (XLacak).

Pengguna layanan M2M XL masih didominasi pelanggan korporat. Beberapa perusahaan yang telah memanfaatkan layanan tersebut antara lain, PT PLN, Palyja, Aetra, Wom Finance, Dunkin Donuts, Kraftfoods, White Horse, Express Taxi Group, Day Trans, Bank Mandiri, Bank BCA, BRI, dan Bank Mega. [hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0