Pertama Kalinya Windows Phone Gusur BlackBerry

Windows Phone vs Android vs iOS vs BlackBerry
Windows Phone vs Android vs iOS vs BlackBerry

Jakarta – International Data Corporation (IDC) baru saja mengumumkan jumlah market share berbagai perangkat per Q1 2013. Dan untuk pertama kalinya, jumlah pangsa pasar sistem operasi yang dikembangkan Microsoft itu berhasil mengungguli BlackBerry.

Menurut perhitungan dari IDC di Q1 tahun 2013 ini, Windows Phone telah mengantongi market share sebesar 3,2 persen. Sedangkan BlackBerry mengalami penurunan market share dari 6,4 persen di tahun lalu menjadi 2,9 persen di Q1 2013.

Keberhasilan ini menjadikan Windows Phone untuk pertama kalinya berhasil menyalip platform BlackBerry. Demikian seperti yang disitat dari The Verge, Jumat (17/5).

Sementara untuk perangkat Windows Phone, Nokia masih memuncaki posisi teratas sebagai perangkat yang paling banyak menggunakan OS tersebut. IDC mencatat, selama kuartal pertama tahun ini, 79 persen dari perangkat Windows Phone yang terjual merupakan produk Nokia.

Android sendiri masih menguasai pangsa pasar OS mobile. Sistem operasi ‘robot hijau’ itu tetap menguasai 75 persen market share di kuartal pertama 2013. Dalam ajang Google I/O, Google juga telah mengumumkan 900 juta perangkat Android telah diaktifkan.

Bagaimana dengan iOS Apple? Sistem operasi yang dikembangkan raksasa dari Cupertino ini terpaksa mengalami menurunan market share dari 23 persen menjadi 17,3 persen di kuartal yang sama. [LKH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0