telset
spot_img

Persaingan Pasar PC Makin Ketat, Apple Masih Teratas

Ilustrasi iPad dan Macbook
Ilustrasi iPad dan Macbook

Jakarta – Selain menghitung jumlah smartphone yang terkirim di Q4 2012, Canalys pun merilis perkiraan pasar desktop PC dan table. Apple berada pada deretan teratas sebagai produsen komputer.

Pabrikan asal Cupertino tersebut mencatat jumlah pengiriman Mac dan iPad sebanyak 27 juta unit atau 20,1% dari total 134 juta komputer yang beredar di pasaran. Pencapaian ini berkat larisnya penjualan produk Apple seperti PC dan tablet.

Produsen komputer lainnya, Hawlett Packard (HP) juga dilaporkan sukses mengirimkan 15 juta unit komputer atau menguasai 11% pangsa pasar. HP berhasil mengalahkan Lenovo yang tergusur di posisi ketiga.

Bila Samsung yang menjadi merek smartphone nomer satu, maka perusahaan ini harus mengaku kalah di bisnis PC dengan menempati posisi kelima, karena hanya mampu mengirimkan 11,7 juta unit PC ke seluruh dunia.

Dalam laporannya Canalys menyatakan tidak terlalu yakin Windows 8 atau Windows 8 RT akan mendorong permintaan lebih. Pasalnya, pengiriman laptop dan PC tidak berubah dari tahun ke tahun. Namun untuk tablet, pangsa pasar Microsoft cukup potensial, karena mengalami kenaikan sebesar 75%.

Seperti dikutip dari Engadget, Jumat (8/2), Canalys melihat persaingan di pasar PC sangat ketat. Para produsen komputer mulai kesulitan bersaing di ranah PC. Contohnya Dell yang terlihat mulai ngos-ngosan menghadapi sengitnya persaingan tersebut.[lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0