telset

Perkuat Sistem Keamanan, Apple Akuisisi AuthenTec

Jakarta – Untuk menghindari keterlibatan hukum tentang hak paten, Apple kini melakukan strategi baru dengan mengakuisi AuthenTec. Langkah ini sekaligus sebagai upaya melindungi produknya dari ancaman cyber crime.

Seperti dilansir nytimes, Senin (30/7), Apple telah menyetujui untuk mengakuisi AuthenTec, sebuah perusahaan keamanan mobile, dengan nilai USD 356 juta. Dan Apple akan membayar pemegang saham perusahaan tersebut senilai USD 8 per saham.

Langkah akuisi yang diambil oleh Apple ini tidak hanya sebagai langkah untuk menghindarinya dari beberapa sengketa hak paten, melainkan juga sebagai langkah untuk meningkatkan keamanan terhadap produknya sendiri.

Selama ini, Apple memang dikenal sebagai perangkat yang tidak memiliki virus, namun seiring perkembangan teknologi, banyak para pengembang perangkat lunak berbahaya mengincarnya.

Seperti pada tahun lalu, popularitas komputernya membawa dampak perangkat ini menjadi incaran para penjahat cyber. Para peretas berusaha untuk mengekstrak informasi pengguna.

AuthenTec sendiri adalah sebuah perusahaan yang berdiri sejak tahun 1998, yang mengkhususkan diri pada teknologi pemindaian sidik jari, dengan menggunakan berbagai macam sensor.

Klien AuthenTec selama ini diantaranya Alcatel-Lucent, Cisco, Fujitsu, HBO, HP, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Orange, Samsung, Sku dan Texas Instrument. Tercatat sudah lebih dari 100 juta sensor hingga saat ini.

Dalam akuisisi tersebut, Apple telah menyepakati perjanjian Hak Kekayaan Intelektual dan Teknologi dengan AuthenTec. Dalam perjanjian ini, Apple akan membayar USD 20 juta atas hak paten yang dimiliki perusahaan keamanan jaringan ini.

Selain itu, Apple juga diperbolehkan mendapatkan izin atas paten AuthenTec secara tidak eksklusif sebesar US$ 115 juta. Catatan saja, AuthenTec telah memiliki 200 hak paten. Jumlah hak paten mereka lebih besar ketimbang para pesaingnya.[wnh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0