telset

Perkuat Jaringan, XL Berhasil Bangun 30 Ribu BTS

Purwakarta –  Keseriusan operator seluler XL Axiata dalam mengembangkan infrastrukturnya dibuktikan dengan keberhasilan mereka membangun base transceiver station (BTS) hingga melampaui 30 ribu unit.

Kami sangat bersyukur dapat membangun instrastruktur BTS hingga melampaui 30 ribu ini mengingat sangat tidak mudah, penuh pengorbanan, dan tentunya memerlukan investasi sangat besar, ujar Chief Operating Officer XL, Willem Lucas Timmermans di acara peluncuran BTS baru, di Purwakarta, Rabu (11/4).

Willem memastikan, dengan tercapainya jumlah yang melebihi 30 ribu BTS tersebut, akan semakin menjamin luasnya cakupan layanan XL (wider coverage), kapasitas layanan yang semakin besar (bigger capacity), serta kualitas layanan yang lebih baik (better quality).

Diungkapkannya, dari belanja modal XL sebesar Rp 7-8 triliun, 60 persennya akan dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur jaringan. Pengembangan infrastruktur perlu dilakukan di semua lapisan jaringan, mulai dari akses, backhaul, jaringan inti, dan backbone transmisi, jelasnya.

Dari lebih 30 ribu BTS tersebut, lanjut Willem, tersebar di Jawa sebesar 62 persen, Sumatera (20%), dan Kawasan Timur Indonesia (Kalimantan, Sulawesi, Maluku, & Papua) (8,5%). Dari 30 ribu BTS yang ada saat ini, 20 persen di antaranya adalah BTS 3G, terang Willem.

Saat ini, kata Willem, XL fokus pada pengembangan cakupan, terutama jaringan 3G. Dimana pada tahun 2011 lalu, dari lebih 6.000 BTS baru yang dibangun, 36 persennya adalah Node B untuk jaringan 3G. Dan hingga akhir tahun 2011 lalu,  XL memiliki 4.910 Node B di seluruh Indonesia.

Tahun ini kami berencana membangun sekitar 6000 BTS baru, di mana sekitar 4000 BTS di antaranya merupakan  BTS 3G, pungkasnya.

Dengan jumlah pelanggan yang saat ini mencapai 46,4 juta, anak usaha Axiata Group Malaysia ini memang terus melakukan ekspansi jaringannya. Seperti misalnya beberapa waktu lalu XL melakukan beberapa modernisasi jaringan untuk mengubah BTS 2G dan 3G-nya ke teknologi Single RAN dan teknologi LTE. [hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0