Perkembangan Robot Makin Pesat, Menkominfo: Tak Perlu Takut!

Perkembangan Robot

Telset.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menjawab kekhawatiran sebagian kalangan tentang perkembangan robot yang makin pesat, dan diprediksi akan menggantikan peran manusia, khususnya di era Revolusi Industri 4.0.

Ia menegaskan bahwa manusia tidak perlu takut digantikan oleh robot, karena mereka masih memiliki banyak keterbatasan dibandingkan manusia.

Dalam konferensi pers bertajuk “Transformasi Robotik menuju Revolusi Industri 4.0” di Jakarta pada Sabtu (15/12/2018) lalu, Rudiantara mengatakan bahwa pekerjaan yang bersifat inteligensi masih tetap dipegang oleh umat manusia.

{Baca juga: Rudiantara: Konsep Ekonomi Digital Indonesia Diadopsi KTT G20}

“Kita perlu menyiapkan diri untuk menguasai teknologi, terutama di era saat ini yaitu era Revolusi Industri 4.0. Tidak perlu takut untuk digantikan oleh robot karena pekerjaan yang bersifat intelligence itu akan tetap dilakukan oleh manusia,” jelas Rudiantara.

Dalam acara yang digelar Pusat Robot Indonesia untuk memperkenalkan Robot Service Artificial Intelligence itu, Rudiantara membuka acara dengan menekan tombol pada robot Alice yang memiliki dapat berkomunikasi dengan manusia.

{Baca juga: Unik, Toko Ini Masak Ayam Goreng Pakai “Koki Robot”}

Di acara tersebut, ada lima robot yang diperkenalkan dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti robot yang bisa mengantarkan makanan, menjadi customer service, pemetaan lokasi, hingga pendamping belajar.

Pada kesempatan itu, Rudiantara juga menyinggung soal kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di dunia digital yang masih kurang. Akibatnya, SDM Indonesia akan sulit untuk mengikuti perkembangan teknologi di Revolusi Industri 4.0.

“Untuk itu pemerintah menyiapkan program Digital Talent Scholarship untuk menghasilkan SDM yang sesuai dengan standar internasional, termasuk ke depannya untuk teknologi robotik,” tandasnya.

{Baca juga: Strono, Robot AI yang Jago Membuat Pizza}

Inovasi robot memang semakin canggih saja, karena dapat teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) ini bisa berperilaku layaknya manusia. Baru-baru ini sejumlah mahasiswa di Amerika Serikat telah membuat robot AI yang memiliki kemampuan untuk menciptakan resep pizza baru.

Proyek mahasiswa dari Massachusetts Institute of Technology ini membuktikan, bahwa robot bisa menjadi kekuatan yang baik dengan mengajarkan AI tentang ratusan resep pizza. Robot Strono namanya, menggunakan apa yang telah dipelajarinya untuk menghasilkan ide topping baru yang selama ini tidak pernah terpikirkan. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here