Perkawinan Ford dan Baidu Lahirkan Mobil Otonom

Telset.id, Jakarta – Ford Motor Co dan Baidu Inc berkolaborasi meluncurkan proyek yang telah digarap selama dua tahun terakhir. Mereka melakukan pengujian kendaraan swakemudi atau mobil otonom di jalanan China.

Dilaporkan CNN, dikutip Telset.id pada Jumat (2/11/2018), proyek tersebut mulai diuji di jalan-jalan yang telah ditunjuk di Beijing pada akhir tahun ini. Rute lain kemungkinan akan merambah kota-kota lain di China.

Ford maupun Baidu mengatakan bahwa mobil otonom itu akan mampu beroperasi secara mandiri dalam sejumlah kondisi tertentu saat proyek selesai dikembangkan dan proses pengujian rampung dikerjakan.

Pada akhir periode pengujian, proyek akan mencapai apa yang disebut dengan teknologi level 4 untuk kendaraan otonom. Dengan kata lain, kendaraan bakal bisa berjalan secara otonom, tetapi tidak dalam semua kondisi.

Menurut Ford dan Baidu, level tersebut merupakan tingkat tertinggi kedua setelah level 5. Di level 5, menurut mereka, kendaraan sudah harus mampu menavigasi jalan tanpa ada bantuan sedikitpun dari pengemudi.

Ford merupakan anggota pendiri Komite Apollo, kelompok penasihat untuk platform mengemudi otonom Apollo milik Baidu. Sebelumnya, Beijing memberi lampu hijau untuk pabrikan mobil Jerman, Daimler AG.

Daimler AG melakukan pengujian mobil otonom di jalan-jalan China pada Juli 2018 lalu. Langkah itu menjadikan Daimler AG sebagai pembuat mobil internasional pertama yang diberikan lisensi oleh pemerintah Beijing.

https://edition.cnn.com/2018/10/31/tech/baidu-ford-cars/index.html

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0