Perjalanan NASA ke Bulan Ditunda Karena Wabah Corona

Telset.id, Jakarta – Rencana NASA untuk melakukan perjalanan kembali ke Bulan pada 2024 melalui program Artemis terancam ditunda karena virus Corona atau Covid-19. Sistem perangkat keras NASA yang akan digunakan untuk perjalanan ke Bulan telah ditangguhkan.

Pada 19 Maret 2020, Administrator NASA, Jim Bridenstine mengumumkan, masing-masing Michoud Assembly Facility serta Stennis Space Center di New Orleans dan Mississippi akan pindah ke tahap 4, efektif per 20 Maret 2020.

Kebijakan itu otomatis menutup semua fasilitas dan memaksa semua staf bekerja secara jarak jauh. Tim NASA dan kontraktor akan menempatkan semua perangkat keras dalam kondisi aman sampai pekerjaan dapat dilanjutkan.

{Baca juga: NASA Suruh Pendarat Mars InSight Menabrak Sekop, Kenapa?}

“Setelah semuanya selesai, para personel yang diizinkan di lokasi akan terbatas. Tujuannya untuk melindungi kehidupan dan infrastruktur kritis,” kata Bridenstine dalam rilis di situs NASA, seperti dilansir New York Post.

Awal pekan ini, dikutip Telset.id, Selasa (24/03/2020), NASA memindahkan seluruh agen ke tahap 3, yang masih memungkinkan para personel muncul. Namun, Bridenstine mengatakan, perubahan status akhirnya diputuskan.

{Baca juga: Nasa Bikin Sayembara untuk Rancang Robot Bulan, Berminat?}

“Semua merujuk kepada peningkatan jumlah kasus Covid-19 di komunitas sekitar pusat. Semua tenaga kerja kami di sana mengisolasi diri. Bahkan, ada satu kasus yang dikonfirmasi di antara tim Stennis kami,” jelas Bridenstine.

Selasa (17/03), NASA mengumumkan akan memindahkan Marshall Space Flight Center di Alabama ke tahap 3 setelah menerima konfirmasi bahwa seorang karyawan di sana dinyatakan sebagai pasien positif virus Corona atau Covid-19. (SN/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -