Peretasan Akun Twitter Bill Gates dkk Awalnya Cuma Prank

Pengguna Twitter Premium

Telset.id, Jakarta  – Peretasan akun Twitter yang menargetkan para pesohor seperti Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos dan Barack Obama awalnya cuma aksi prank seorang hacker kepada tiga temannya yang juga peretas .

Serangan peretasan terbesar yang menghebohkan ini bermula saat seorang remaja bernama “Kirk” yang melakukan aksi prank pada 3 orang remaja, dengan mengaku sebagai karyawan Twitter.

{Baca juga: Twitter Kena Hack, Benarkah Pelakunya Orang Dalam?}

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Minggu (19/7/2020), ia mengaku pada ketiga remaja itu dapat mengakses akun Twitter milik orang-orang terkenal di dunia.

Salah satu remaja tinggal di Amerika Serikat dengan nama samaran “lol,” dan remanja lainnya diketahui tinggal di Inggris dengan nama samaran “ever so anxious”.

Namun remaja yang tinggal di Inggris menolak bekerja sama dengan “Kirk” untuk mengambil alih akun milik Joe Biden, Bill Gates, dan lainnya. Akhirnya, diduga kuat “Kirl” dan “lol” menjalankan aksi peretasan.

Mereka memposting pesan di akun Twitter, menyarankan kepada para pengikut untuk menggalang sumbangan dan uangnya akan digandakan.

Jadi, menurut laporan New York Times, aksi peretasan itu bukan dilakukan peretas yang bekerja untuk satu negara seperti Rusia atau kelompok peretas canggih lainnya.

Ternyata, aksi tersebut dilakukan oleh sekelompok remaja yang sedang “ngeprank”. Bahkan salah satu remaja itu masih tinggal bersama orang tua mereka.

Sebelumnya, menurut penjelasan Twitter, ada lebih kurang 130 akun yang menjadi target sasaran para peretas pada kasus yang menghebohkan dunia maya itu.

{Baca juga: Twitter Jamin Password Pengguna Aman dari Hack}

“Untuk sebagian kecil akun yang diretas, para penyerang bisa mendapatkan. Mereka mencuit di akun-akun itu,” kata Twitter seraya menyebut pihak berwenang masih berusaha mencari dentitas para peretas.

Seperti diketahui, hacker berhasil meretas akun Twitter milik pesohor dunia. Tak main-main, hacker membobol akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, dengan memposting tweet yang berisi ajakan untuk mengirim bitcoin ke suatu alamat link.

Selain ketiga orang tadi, peretas ini juga berhasil membobol akun Twitter milik Barack Obama, Joe Biden, Warren Buffett, Kanye West, Kim Kardashian, Mike Bloomberg dan Apple.

Dari semua korban, akun Elon Musk yang pertama berhasil diretas. Setelah berhasil meretas, sang hacker yang mengaku Musk itu membuat penawaran yang menggiurkan kepada pengikutnya.

Dalam postingannya, dia mengatakan akan menggandakan pembayaran yang dikirim ke alamat bitcoin yang dicantumkan oleh si peretas itu.

Setelah berhasil menguasai akun Twitter Musk, si peretas nampaknya juga berhasil menguasai akun Twitter milik Bill Gates. Hal itu diketahui setelah akun Gate juga memposting kicauan yang sama (soal menggandakan uang).

{Baca juga: Akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos Diretas}

“Semua orang meminta saya untuk memberi kembali, inilah waktunya. Saya menggandakan semua kiriman ke alamat BTS saya dalam 30 menit. Kamu kirim USD 1.000, saya kirim balik USD 2.000,” demikian isi postingan dari tweet Gates.

Tweet tersebut pertama kali terlihat di akun pendiri Microsoft ini pada Rabu (15/7) siang pukul 13.34 waktu setempat, tetapi kemudian postingan itu dihapus. Namun pada pukul 13.48, tweet yang sama muncul kembali. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here