Peretas Bobol Data Pribadi Kanselor Jerman

Telset.id, Jakarta – Seorang peretas alias hacker telah mencuri dan merilis data pribadi sejumlah pejabat Jerman. Tak terkecuali sang kanselor, Angela Markel.

Dilaporkan Techcrunch, data yang dibocorkan melalui akun Twitter itu termasuk alamat email, nomor ponsel, foto ID, dan data pribadi dari ratusan tokoh politik senior. Namun demikian, informasi menyebut bahwa data-data itu telah ditangguhkan.

Menurut juru bicara pemerintah, tidak ada data sensitif kanselor yang bocor. Namun data pribadi dari beberapa regulator lain tercuri. Adapun data yang bocor termasuk kata sandi akun Facebook dan Twitter.

Masih diwartakan TechCrunch, selain alamat email dan data pribadi lainnya, da juga data kartu kredit regulator yang tercuri. Pun demikian dengan informasi chatting dan surat pribadi. Sayang, belum ada konfirmasi mengenai kasus peretasan tersebut.

{Baca juga: Kelompok Hacker Curi Data Asuransi Terkait Serangan 9/11}

Dalam pernyataan resmi, Badan Keamanan Informasi Federal Jerman mengaku tengah menyelidiki kebocoran data akibat ulah peretas itu. Meski begitu, mereka percaya serangan ini tidak menyasar jaringan pemerintah.

Dilaporkan, sang hacker mungkin telah mendapatkan password untuk mengakses akun media sosial. Hacker melakukannya dengan menipu perusahaan untuk memindahkan nomor ponsel seseorang ke kartu SIM lain.

{Baca juga: Duh, Lagi-lagi NASA Dibobol Hacker}

Hal itu memungkinkan mereka untuk mereset akun seseorang atau mendapatkan kode dari autentikasi dua faktor.  Ia membocorkan data dari regulator senior. Meskipun begitu, tidak ada akun dari partai sayap kanan Jerman. [BA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here