Percaya atau Tidak, Robot Juga Bisa Berkeringat

Robot

Jakarta – Perkembangan teknologi robot kian pesat dengan bermunculannya robot-robot yang memiliki kemampuan meniru gerakan manusia (humanoid). Tidak hanya menghadirkan ekspresi wajah, menjadi penghibur, atau melucu, kini robot bahkan mampu mengeluarkan keringat atau merinding.

Adalah sekelompok ilmuwan asal Universitas Kansai, Jepang yang tengah mengembangkan robot dengan kemampuan menampilkan reaksi fisiologis ini, hingga konon membuatnya tampak lebih manusiawi.

Dipimpin oleh Dr Yonezawa Tomoko, tim ini percaya, bahwa dengan memberikan robot kemampuan ini, akan lebih membuat manusia dapat menerima kehadiran mereka, ketimbang jika mereka hanya bertindak lebih seperti, robot berjiwa. Demikian seperti dilansir Engadget, Rabu (21/5/2014).

Ada setidaknya tiga prototipe robot yang tengah dikembangkan oleh para peneliti dari negeri Sakura ini. Pertama adalah mesin yang dapat merinding, entah itu dikarenakan adanya angin dingin ataupun jika kita menceritakan sebuah cerita yang menakutkan padanya.

Prototipe Kedua, robot yang berkeringat jika merasa cemas; dan yang Ketiga, adalah boneka beruang bernama Breatter yang menggunakan kipas built -in di badannya untuk menghasilkan nafas ketika ia berbicara.

Sebelumnya, sebuah robot yang diklaim mampu menyampaikan lelucon saat berkomunikasi dengan manusia juga telah dibesut oleh sekelompok ilmuwan asal Jepang. Mengusung nama EMIEW2, robot lucu ini tak hanya mampu berdialog dengan manusia, tetapi juga memahami berbagai respon manusia, salah satunya dengan mengangguk.[IDA/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0