Perangkat Robotik Ini Bantu Penderita Penyakit Otak

Telset.id, Jakarta  – Para ilmuwan telah mengembangkan perangkat robotik nan revolusioner yang diklaim mampu meningkatkan kemampuan berjalan dan berlari. Perangkat ini nantinya akan membantu pasien penderita gangguan penyakit otak atau neurodegeneratif.

Seperti dilansir New York Post, perangkat tersebut bisa dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran atau petugas penyelamat yang menavigasi medan menantang.

{Baca juga: Biar Gak Jatuh, Peneliti Ciptakan Ekor Robot untuk Lansia}

Perangkat itu mempunyai berat 11 pound atau sekitar lima kiligram dan terbuat dari komponen tekstil. Perangkat akan menempel di pinggang dan paha pengguna.

Studi terobosan ini memberi kita gambaran sekilas ke masa depan di mana perangkat robot dapat dipakai untuk meningkatkan hidup sehat serta membantu rehabilitasi.

Donald Ingber dari Institut Wyss untuk Teknik Inspirasi Biologis di Universitas Harvard berujar, perangkat tersebut dikendalikan oleh algoritma untuk mendeteksi.

Dikutip Telset.id, Minggu (18/8/2019), algoritma bisa mendeteksi apakah pengguna berjalan atau berlari. Perangkat itu juga membantu penderita gangguan neurodegeneratif.

Profesor Conor Walsh dari Wyss Institute sekaligus pemimpin penelitian menyatakan senang melihat perangkat tersebut berkinerja baik selama pengguna berjalan menanjak.

Saat tes treadmill di dalam ruangan, perangkat mampu mengurangi tingkat metabolisme pengguna kala berjalan dan berlari dengan rata-rata 9,3 persen dan empat persen.

{Baca juga: Robot Ciptaan IBM Bantu Pasien Uji Coba Obat}

“Penelitian kami menunjukkan bahwa sangat mungkin untuk memiliki robot yang dapat dikenakan secara portabel guna membantu manusia melakukan aktivitas tunggal,” ujarnya. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here