Perangkat iOS Susul BlackBerry 10 dan Samsung ke Pentagon

ilustrasi
ilustrasi

Jakarta – Sebelumnya telah diberitakan bahwa perangkat BlackBerry 10 dan Samsung lolos ke Pentagon. Dan kini selang waktu dua minggu, giliran perangkat iOS yang mendapat persetujuan untuk digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS).

Seperti yang pernah dikabarkan awal bulan ini, Pentagon tengah mempertimbangkan untuk juga  menggunakan perangkat iOS dalam waktu dekat. Pentagon sendiri saat itu telah lebih dulu mengumumkan bahwa handset BlackBerry 10 dan Samsung Galaxy S4 telah lolos uji keamanan.

Dan seperti diberitakan Ubergizmo, Sabtu (18/5), Pentagon akhirnya resmi telah mengumumkan bahwa iOS telah lolos uji keamanan dan perangkat iOS akan digunakan oleh Departemen Pertahanan AS.

Dalam ketarangannya pihak Pentagon menyatakan tidak semua perangkat iOS disetujui untuk bisa digunakan di dalam lingkungan Departemen Pertahanan, karena hanya produk yang menjalankan iOS 6 yang mengantongi izin.

Pentagon juga mengatakan akan menggunakan smartphone dan tablet berbasis iOS 6 yang akan digunakan untuk keperluan komunikasi dan browsing yang bukan bersifat rahasia.

Sebelumnya Juru bicara Pentagon, Letkol Damien Pickart mengatakan, perangkat yang telah dinyatakan lolos uji untuk digunakan di Dephan AS adalah perangkat BlackBerry dengan sistem operasi BB10 dan perangkat Samsung yang memakai Android Knox.

Disebutkannya, keputusan ini merupakan salah satu kebijakan pihak militer AS untuk menggunakan peralatan telekomunikasi multiplatform di departemen tersebut.

“Ini merupakan langkah yang signifikan menuju pembentukan sebuah lingkungan multi-vendor yang mendukung berbagai perangkat dan sistem operasi,” kata Pickart dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters.

Dephan AS memang diketahui telah membuat kebijakan untuk menggunakan peralatan komunikasi dari beberapa vendor. Langkah ini dilakukan untuk membuka jaringan yang lebih luas dari perangkat mobile yang digunakan.

Pihak Pentagon menyatakan tidak menutup diri hanya menggunakan peralatan dari vendor tertentu saja. Hal ini sebagai upaya mereka untuk memastikan pihak militer AS memiliki akses ke perangkat komunikasi dengan teknologi terbaru.

Pentagon saat ini memiliki sekitar 600.000 pengguna ponsel pintar, komputer tablet, dan perangkat mobile lainnya. Departemen ini memiliki 470,000 pengguna BlackBerry, 41.000 pengguna iOS Apple dan 8.700 orang dengan perangkat Android.

Untuk menjamin keamanan, perangkat mobile dan sistem operasi yang dipilih telah melalui proses pengujian keamanan yang disetujui oleh Badan Informasi Sistem Pertahanan. Setelah Panduan Pelaksanaan Teknis Keamanan ditinjau dan disetujui, maka perangkat boleh digunakan.

Pickart memastikan bahwa keputusan ini tidak berarti Pentagon akan memesan produk yang dipilih. Keputusan ini hanya memungkinkan pengguna di Pentagon untuk membeli perangkat yang paling tepat untuk pekerjaan mereka sesuai kebutuhan.

“Kami sangat senang untuk menambahkan Blackberry 10 dan Samsung Android versi Knox dalam keluarga perangkat yang dipakai Dephan,” kata Pickart. “Kami berharap akan ada vendor lainnya yang ikut dalam proses ini,” tandasnya. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0