Perangkat Android Segera Bisa Gunakan Aplikasi Windows

Intel-based-Android-devices-will-soon-be-able-to-run-Windows-apps-via-CrossOverJAKARTA – Buat Anda yang kecewa karena tidak bisa menjalankan aplikasi Windows di Android, kini tak lama lagi aplikasi Windows akan dapat dijalankan di Android.

Dengan menggunakan aplikasi Wine dan CrossOver untuk Android. Seperti yang kita ketahui, kedua aplikasi tersebut sudah terkenal di kalangan pengguna Linux.

Wine sendiri adalah aplikasi emulasi gratis yang bersifat open-source yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi Windows di lingkungan sistem operasi Linux atau Mac OS X. CodeWeavers kemudian mengembangkan Wine lebih jauh lagi dan menjadi aplikasi komersial yang disebut dengan CrossOver.

Sedangkan aplikasi CrossOver rencananya akan segera tersedia di Android, paling cepat adalah akhir tahun 2015 ini. CodeWeavers dan tim Wine telah sepakat untuk berbagi kode agar aplikasi Wine maupun CrossOver mampu berjalan dengan baik di Android. Pengguna Android nantinya dapat menjalankan aplikasi Windows dengan bantuan dua aplikasi tersebut.

Pengembangan kedua aplikasi tersebut kemungkinan agak sulit,karena perangkat Adroid harus ditenagai oleh chipset prosesor berbasis ARM. Sedangkan PC Windows menggunakan prosesor berbasis x86. Arsitektur keduanya sangatlah berbeda dan tidak saling kompatibel.

Sampai saat ini memang belum diketahui sejauh apa pengembangan aplikasi Wine dan CrossOver di Android. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI