Perancis Tampilkan Pasukan Komando Siber di Parade Militer

Telset.id, Jakarta – Hampir seluruh negara mungkin memiliki unit militer yang menangani masalah keamanan siber alias dunia maya, tapi tidak ada yang menampilkannya dalam acara resmi seperti yang dilakukan Perancis.

Menurut theverge, Minggu (15/7/2018), Perancis menampilkan barisan Pasukan Komando Siber dalam parade Hari Bastille tahun ini di Champs Elysees, Paris, bersama unit lain dalam angkatan bersenjata negara anggota Uni Eropa tersebut.

Pihak Militer mencatat bahwa ini adalah pengakuan atas kemajuan yang telah dilakukan unit tersebut sejak pembentukannya tahun lalu. Disamping itu, penampilan pasukan siber memperkuat pernyataan mereka bahwa pertahanan dunia maya tetap menjadi prioritas nasional.

Menteri pertahanan Prancis, Jean-Yves Le Drian mengumumkan pembentukan COMCYBER pada Desember 2016, menegaskan bahwa munculnya aktor negara yang beroperasi di dunia maya adalah cara baru untuk mendekati peperangan.

Perintah tersebut sekaligus membuat semua tentara negara itu, yang fokus pada pertahanan siber, menjadi di bawah satu komando. Pasukan khusus ini memiliki tiga tugas utama, yakni intelijen maya, perlindungan dan pelanggaran.

baca juga: Rudiantara: Keamanan Siber Bukan Hanya Masalah Indonesia

Momentum pembentukan pasukan komando ini sendiri bukanlah suatu kebetulan, karena datang setelah ada tuduhan dari Amerika Serikat bahwa Rusia telah campur tangan dalam pemilihan Presiden 2016. Kemarin, tuduhan-tuduhan itu mendapat beberapa pengakuan tambahan ketika juri agung mengeluarkan tudingan terhadap 12 orang Rusia, yang mengklaim telah melakukan serangan siber untuk merusak infrastruktur pemilihan negara.

Pengakuan terhadap pasukan COMCYBER Perancis dengan diizinkan untuk berbaris dalam pawai bersama seluruh angkatan bersenjata negara adalah contoh nyata keseriusan negara itu.  Ini juga sebagai tindak lanjut peringatan para pejabat bahwa negara-negara seperti China, Rusia, Iran dan Korea Utara tetap menjadi ancaman bagi AS dan infrastruktur digital negara-negara lain. [WS/IF]

Sumber : Theverge

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here