Pentagon “Haramkan” Karyawannya Pakai Smartwatch

Telset.id, Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Patrick Shanahan, meminta kepada para staf Pentagon untuk melepas sekaligus mematikan kemampuan geolokasi smartwatch, seperti Garmin, Fitbit, dan juga Apple Watch.

Selama bertahun-tahun, ponsel dilarang digunakan di Pentagon. Alasannya, apa pun yang dapat mengirim dan memiilki mikrofon bisa  digunakan untuk merekam dan mengirim informasi. Jika perangkat itu memiliki kamera, foto atau video bisa diambil.

Kini, tidak hanya ponsel, jam tangan pintar juga menjadi ancaman. Apple Watch, Garmin, Fitbit, dan arloji pintar dengan sensor jarak jauh dapat melacak lokasi dan membagikannya dengan basis data.

“Kemampuan geolokasi bisa mengekspos informasi pribadi, lokasi, rutinitas, dan jumlah personil Departemen Pertahanan dan berpotensi menciptakan konsekuensi keamanan yang tidak diinginkan,” kata Shanahan, dilansir PCMag, Rabu (8/8/2018).

Baca juga: Pentagon Bikin “Daftar Haram” Software Buatan Rusia dan China

Ide tersebut bermula ketika muncul laporan pada awal tahun dari perusahaan pelacak kebugaran, Strava, yang mempublikasikan peta yang menunjukkan lokasi keberadaan pengguna yang sedang jogging, bersepeda, dan olahraga.

Baca juga: Pentagon Larang Militer AS Pakai Ponsel Huawei dan ZTE

Karena mayoritas penggunanya adalah anggota militer, rute jogging dan latihan menunjukkan secara tepat keberadaan anggota militer AS di seluruh dunia. Tak cuma itu, alat tersebut juga menunjukkan rute lari mereka.

“Pasar perangkat, aplikasi, dan layanan yang berkembang pesat dengan kemampuan geolokasi menghadirkan risiko signifikan bagi personel Departemen Pertahanan, baik saat bertugas maupun tidak,” imbuh Shanahan.

Baca juga: Ponsel Pejabat Gedung Putih Disadap Agen Asing

Dengan adanya pernyataan itu, kemungkinan ada permintaan peninjauan kebijakan Pentagon tentang perangkat Apple Watch, Garmin, Fitbit, dan arloji pintar dengan sensor jarak jauh.

Terdapat catatan untuk Chief Information Officer dan Wakil Menteri Pertahanan Bidang Intelijen untuk bersama-sama mengembangkan panduan dan pelatihan bagi komandan dan terkait perangkat tersebut.

Sumber: PC Mag

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0