telset
spot_img

Penjualan Smartphone Terkena Imbas Krisis Keuangan Global

 

Jakarta – Lembaga survei international, IDC melaporkan bahwa dengan tingkat pertumbuhan smartphone sebesar 1,4%, maka menjadikan tahun 2012 sebagai tahun dengan tingkat pertumbuhan terendah dalam tiga tahun terakhir.

IDC memperkirakan penjualan smartphone global akan mencapai 224,5 juta unit pada kuartal empat tahun ini. Kevin Restivo, analis senior IDC, membuat patokan dari kondisi perekonomian secara global.

“Lemahnya kondisi ekonomi di seluruh dunia telah menyebabkan terhambatnya pasar ponsel tahun ini. Namun kuartal keempat relatif cerah karena sebagian penjualan smartphone high-profile seperti iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3,” ujarnya yang terungkap dalam PhoneArena, Rabu (5/12).

Selain melihat pertumbuhan smartphone, IDC juga mengamati pertumbuhan yang cukup pesat akan terjadi pada platform Windows Phone 8. Namun Android akan tetap memegang margin terbesar dengan Samsung sebagai pemimpin.

Windows Phone harus  bersaing dengan BlackBerry untuk meraih posisi ketiga. IDC melihat bahwa BlackBerry akan mengerahkan segala daya upayanya dalam waktu dekat, namun pertumbuhanya relatif tidak meningkat. Mungkin saja di tahun 2016, Windows Phone akan  meraih market share sebanyak 11 persen.

Sementara untuk sistem operasi buatan Apple, IDC melihat bahwa iOS akan tetap berada di posisi runner up dengan pertumbuhan yang cenderung stabil. IDC berpendapat bahwa Apple perlu mempertimbangkan model iPhone dengan harga yang lebih ekonomis.[lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0