telset
spot_img

Penjualan Lesu, Pasar PC Indonesia Turun 8,3%

Jakarta – Massifnya pasar tablet sedikit banyak menggerus pasar PC walau tidak siginifikan. Hal itu terlihat dari pertumbuhan jumlah perangkat PC di tiap kuartal yang mengalami penurunan

Menurut laporan terbaru yang dikeluarkan oleh IDC, pasar PC di Indonesia secara berturut-turut turun 8,3% periode Juli sampai Agusutus, dan penurunan YoY sebesar 4,5%. Sementara angka pengiriman pada kuartal ketiga sebanyak 1,19 juta unit PC.

Sudev Bangah, Kepala IDC Indonesia mengatakan bahwa meskipun di laporan kuartal ketiga menunjukkan penurunan, IDC memprediksi di kuartal keempat, pasar PC akan lebih menjanjikan. Saat ini segmen komersial  mulai menunjukkan traksi pasar yang positif dengan angka 2,8% meningkat setiap kuartalnya.

“Kenaikan ini karena di segmen komersial mulai menikmati manfaat dari perubahan bisnis ICT mereka sehingga mendorong interkonektivitas dan penyerapan PC kepada para pengguna,” ujar Sudev, Rabu (21/11).

Dari laporan IDC per kuartal ketiga untuk pasar Indonesia disebutkan bahwa produsen Acer menguasai market share sebesar 27,96%. Sedangkan ASUS 15,06%, disusul oleh Lenovo 8,56%, Toshiba 8,36 %.

Posisi terakhir diduduki oleh HP dengan penguasaan pasar 6%, dan 34,0% lainnya terbagi pada beberapa vendor seperti Axioo, BYON dan lainnya. [tsn/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0