Pengakses Google dari Ponsel Akhirnya Lampaui PC

Google Search mobileJAKARTA – Semakin meluasnya penggunaan perangkat mobile, ternyata telah berpengaruh besar pada cara pengguna dalam mengakses mesin pencari Google. Dalam laporan terbarunya, Google mengungkapkan bahwa jumlah pengakses mesin pencari Google dari perangkat ponsel telah melampaui pengguna dari komputer desktop.

Pada awal tahun ini, jumlah pengakses layanan pencarian Google masih didominasi oleh pengguna komputer desktop. Namun terus meningkatnya tren pengguna Internet via perangkat mobile telah berpengaruh besar pada cara mengakses layanan mesin pencarian Google.

Kabar ini disampakan langsung oleh Senior Vice President of Search, Google, Amit Singhal, yang mengatakan bahwa jumlah ponsel yang mengakses mesin pencarinya dari seluruh dunia sudah lebih banyak dibandingkan komputer desktop.

“Untuk pertama kalinya, kami lebih banyak menerima akses dari perangkat mobile daripada komputer desktop,” kata Singhal dalam Code Mobile Conference di Half Moon Bay, California, belum lama ini.

Seperti dilansir telsetNews dari The Verge, Rabu (14/10/2015), Google mencatat total 100 juta pencarian bulanan di mesin pencari miliknya berasal dari perangkat ponsel. Secara spesifik, Singhal mengatakan bahwa perangkat mobile berasal dari telepon genggam dengan ukuran lebih kecil dari 6 inci.

Meski begitu, laporan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada negara-negara tertentu yang sebagian besar penduduknya menggunakan komputer desktop untuk mengakses layanan mesin pencarian Google. Bahkan kemungkinan masih bisa melebihi pengguna ponsel.

Google sendiri selama ini lebih banyak mengeruk keuntungan dari mesin pencari dan pangsa pasar terbesarnya adalah dari pengguna komputer desktop. Mesin pencari merupakan tulang punggung untuk mendorong pemasukan dari iklan dan ekosistem Android di seluruh dunia.[HBS]

 

SOURCEThe Verge
Previous articleGSM dan CDMA, Serupa Tapi Tak Sama
Next articleHarman Perkenalkan Speaker Portable Kedap Air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here