telset

Penemu Bahasa Pemograman Lisp Meninggal Dunia

Jakarta – Belum lama kita ditinggal oleh sang inovator, Steve Jobs, kini kita harus ditinggalkan kembali oleh John Mc Carthy, pelopor dan pencipta bahasa pemograman komputer. John Mc Carthy meninggal pada hari Rabu 26 Oktober 2011 diusianya yang ke 84 tahun di Palo Alto, Amerika Serikat.

Mc Carthy adalah seorang profesor dan guru besar selama empat dekade di Standford University. Ia meraih gelar sarjana di Institut Teknologi California, kemudian ia menerima gelar doktor dari Princeton University yang membawanya menjadi ahli dalam bidang pemograman.

Profesor yang lahir di Boston 4 September 1927 itu telah banyak menghasilkan karya yang revolusioner, salah satunya yang ia temukan di tahun 1958 yakni bahasa pemrograman Lisp.

Berkat hasil penemuannya tersebut, kini banyak digunakan diberbagai perangkat komputer. Dan hasil penuannya ini juga yang membuka jalan untuk teknologi pengenalan suara, termasuk Siri, asisten pribadi aplikasi pada iPhone terbaru.

Kematiannya banyak meninggalkan duka. Penghargaan untuknya pun membanjiri Twitter. Seorang sahabat dekatnya, Ed Feigenbaum mengatakan, Mc Carthy selalu mencipta dengan berpikir ke masa depan. “Dia selalu terfokus pada masa depan. Selalu menemukan, menciptakan, dan menciptakan,” kenang Ed Feigenbaum kepada Associated Press, Rabu (26/10).{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0