Peneliti di Amerika Bikin Aplikasi Pendeteksi Kutu Busuk

Telset.id, Jakarta – Serangan Kutu Busuk yang ada di kasur atau sofa sering membuat kita merasa kesal dan ingin membuang furnitur di rumah. Tapi tunggu dulu. Seorang peneliti di Ohio State University telah membuat aplikasi baru yang dapat mendeteksi Kutu Busuk.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui informasi tentang Kutu Busuk, dan langkah apa yang harus dilakukan ketika menemukannya.

Aplikasi yang didanai oleh hibah dari Badan Perlindungan Lingkungan AS ini dirancang sebagai sumber informasi satu atap untuk semua kutu busuk yang ada di tempat tidur atau sofa.

Aplikasi yang belum diberi nama ini memiliki beberapa fitur, seperti panduan untuk mengidentifikasi, cara menghilangkannya, serta beberapa tips pencegahannya.

Susan Jones, ahli entomologi di Ohio State, mengatakan aplikasi ini diperlukan karena ada banyak informasi yang bisa didapat tentang salah satu makhluk paling menjengkelkan itu.

{Baca juga: Ilmuwan Teliti Otak Buaya Pakai MRI dan Musik Klasik}

“Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang suatu organisme, maka Anda akan merasa kasihan pada makhluk itu,” kata Jones, yang telah mempelajari kutu selama sekitar 10 tahun.

Aplikasi ini berfungsi pada perangkat Android dan iOS dan dapat ditemukan dengan mencari kata pencarian “bed bug field guide”.

“Kutu busuk dapat menyebabkan kepanikan instan, tetapi sedikit orang yang benar-benar tahu cara menemukannya atau apa yang harus dilakukan,” ujar Jones.

Ada cara yang benar dan cara yang salah untuk menghilangkannya. Sebagian besar bahan kimia yang dapat dibeli di toko diiklankan sebagai solusi untuk memberantas kutu, namun sebenarnya tidak bekerja.

‘Ini adalah pekerjaan yang harus ditangani oleh para profesional,” imbuhnya.

Dia menambahkan, bahwa ada banyak orang yang tidak mampu membayar seorang yang profesional di bidang masalah kutu, hingga akhirnya mencoba melakukannya sendiri.

Setahun yang lalu, seorang wanita secara tidak sengaja menyalakan api ketika mencoba membunuh kutu busuk yang ada di kasurnya dengan alkohol di sebuah rumah di Cincinnati, yang membuat sejumlah orang kehilangan rumah karena terbakar.

Itu hanya satu dari sekian banyak contoh ekstrim dari apa yang bisa salah tentang masalah serangan kutu busuk.

{Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter}

Michael Potter, ahli entomologi di University of Kentucky, mengatakan kutu telah menjadi masalah besar. Kebanyakan orang berpikir, ketika mereka bepergian, kutu paling sering ditemukan di rumah dan apartemen.

Biaya menghilangkan kutu yang mahal, kata Jones, adalah alasan kenapa kutu bisa menjadi masalah. Selain itu, binatang ini juga dapat bereproduksi dengan cepat, dapat bersembunyi dari lantai ke langit-langit, dan aktif pada malam hari.

“Anda tidak tahu di mana mereka bersembunyi,” kata Jones. [BA/HBS]

Sumber: The Star

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0