Peneliti Austria Kembangkan Printer 3D Nano Super Cepat

Jakarta – Teknologi printer 3D kembali mencatatkan kemajuan, setelah seorang peneliti asal Austria berhasil mengembangkan printer 3D dengan ketepatan tinggi yang mampu menghasilkan objek berukuran nanometer.

Printer 3D ini mampu menghasilkan objek berukuran nanometer dalam bentuk mobil balap, katedral dan jembatan dalam hitungan menit. Printer ini menggunakan teknik yang dikenal sebagai dua-partikel dasar litografi.

Printer 3D tersebut diklaim lebih cepat daripada perangkat sejenis. Dengan kemampuannya tersebut, Printer ini dinilai cocok digunakan dalam bidang kedokteran.

Teknologi yang dikembangkan pada printer nano super cepat itu menggunakan resin cair yang mengeras dengan sinar laser yang terfokus. Titik fokus dari sinar laser diarahkan melalui cermin yang bergerak dan kemudian membuat garis sehingga dapat menghasilkan sebuah bentuk detil dengan panjang beberapa ratus mikrometer.

Kecepatan cetak digunakan untuk menentukan lama mencetak dalam milimeter per detik. Perangkat ini dapat mencetak lima meter dalam satu detik, jelas Professor Jürgen Stampfl dari Institute of Materials Science and Technology, seperti dilansir Cnet, Selasa (13/3).

Penemuan ini sendiri telah dicatat sebagai rekor dunia dalam litografi dua-partikel dasar. Mekanisme kontrol yang terhubung dengan sinar laser menghasilkan 100 lapisan, masing-masing terdiri dari sekitar 200 baris tunggal dalam waktu 4 menit.

Dibawah ini kami tampilkan video yang menunjukkan proses mencetak 3D secara real time bagi Anda yang ingin melihat kehandalan printer nano super cepat tersebut. [hbs]

 

 

Previous articleSony Mobile Bidik Pasar Kelas Menengah Keatas
Next articleApple Dituntut dengan Tuduhan Melakukan Kebohongan Publik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here