Pencarian via Perangkat Mobile Akhirnya Lampaui Desktop

Google Search mobileJAKARTA – Penggunaan perangkat mobile yang sudah semakin massif, ternyata juga berdampak langsung pada pola penggunaan layanan pencarian. Untuk pertama kalinya, jumlah pencarian yang dilakukan via perangkat mobile melampaui jumlah pencarian via komputer desktop.

Dulu saat kita ingin menggunakan Google Search (layanan pencarian milik Google), tentulah akan langsung berpikir untuk melakukannya via komputer desktop. Namun sejak berkembangnya perangkat mobile (smartphone dan tablet), kebiasaan itu ternyata telah berubah.

Menurut laporan terbaru yang dikeluarkan Google, bahwa untuk pertama kalinya, jumlah pencarian dari perangkat mobile (Google Search versi mobile) telah melampaui jumlah pencarian via komputer desktop.

Hal tersebut diungkapkan oleh VP untuk divisi Manajemen Produk Google yaitu Jerry Dischler di ajang tahunan Inside AdWords. Dischler mengatakan bahwa trend baru ini terjadi di 10 negara di dunia, termasuk negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.

“Kami telah melihat perubahan, di mana lebih banyak pencarian Google dilakukan via ponsel dibanding desktop di 10 negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang,” kata Jerry.

“Kami pikir ini adalah titik balik dalam periklanan digital, dan kami telah melakukan berbagai macam investasi yang terpusat untuk perkembangan industri mobile,” tambahnya, yang dikutip telsetNews dari GSMArena, Kamis (7/5/2015).

Sayangnya Dischler tidak memberikan keterangan lebih jelas tentang 8 negara selain Jepang dan Amerika Serikat yang masuk di dalam daftar mereka, juga angka pasti dari perbandingan antara jumlah pencarian yang dilakukan via perangkat mobile maupun komputer desktop.

Selain AS dan Jepang, Google tidak mengungkapkan tentang 8 negara lainnya yang masuk dalam daftar. Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California ini juga tidak memberikan rincian tentang perbandingan antara jumlah pencarian yang dilakukan via perangkat mobile maupun komputer desktop.

Melihat laporang Google tersebut, kini dapat ditarik kesimpulan bahwa kecenderungan para pengguna untuk lebih memanfaatkan perangkat mobile, ketimbang komputer desktop telah semakin dominan. [HBS]

 

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0