Pemotongan Pulsa Otomatis Hanya untuk SMS Premium

Jakarta Operator telekomunikasi XL Axiata membantah pemberitaan yang menyebutkan penipuan lewat SMS bisa menyedot pulsa pelanggan secara otomatis. Karena hanya layanan SMS premium yang memungkinkan pemotongan pulsa otomatis.

“Kalau dikirim dengan menggunakan nomor panjang (11 digit, red), kami jamin tak bisa langsung menyedot pulsa premium, kata GM MDS Mcommerce XL, Thomas Aquines di Jakarta, Selasa (4/10).

Menurutnya, layanan yang biasanya bisa memotong pulsa berlangganan adalah layanan SMS premium yang menggunakan kode pendek empat nomor. Dan saat ini XL menerapkan ketentuan teknis bagi para content provider (CP), semua SMS promo yang mereka dikirimkan ke pelanggan tetap terlacak oleh XL.

“Ketentuan teknis ini sudah kami terapkan kepada para CP sejak awal tahun 2011. Dan kami juga terus merevisi ketentuan kerjasama dengan CP, makanya kami menjamin saat ini sudah tak ada lagi SMS promo dari CP yang menyedot pulsa pelanggan XL,” pungkasnya.

Ia menyebutkan, kalaupun masih ada SMS broadcast yang dikirimkan lewat nomor panjang, biasanya itu dilakukan menggunakan ponsel atau modem yang bertujuan menipu korban secara acak, contohnya SMS mama minta pulsa™ yang banyak beredar beberapa waktu lalu

Lebih jauh dijelaskannya, layanan SMS premium pun tak bisa sembarangan memotong pulsa pelanggan, karena ada mekanismenya. CP harus bekerja sama dengan operator dan semua aktivitas penerimaan dan pengiriman SMS dari layanan ke pelanggan hanya bisa dilakukan melalui sistem SMS Gateway milik operator.

Operator hanya akan mengirimkan SMS ke nomor yang telah melakukan registrasi, jika pelanggan belum pernah registrasi untuk layanan konten tertentu, maka tidak mungkin secara otomatis dapat kiriman SMS konten dari CP, papar Thomas.

Ia justru menduga jika selama ini ada pelanggan yang mengeluh pulsanya terpotong padahal merasa tidak pernah melakukan registrasi,karena sebenarnya pelanggan pernah mengikuti tawaran promosi yang sempat di-broadcast.

Sementara itu, Head of Corporate Communication XL Febriati Nadira mengatakan pihaknya telah merevisi proses pengiriman pesan broadcast promosi konten dengan ketentuan lebih ketat.

Sekarang setiap SMS promosi premium harus menyediakan pilihan kata “Anda mendapat kesempatan” dan “setuju join/gabung” agar pelanggan tidak bingung, terang wanita yang akrab disapa Ira.

Ia menyarankan jika pelanggan terlanjur register karena tertarik dengan iming-iming promosi yang ditawarkan, pelanggan bisa mengecek secara langsung disaluran yang disediakan.

Ada beberapa cara yang ditawarkan, bisa lewat UMB dengan mengirim *123*572#, hubungi customer service di nomor 817, mendatangi XL Center, mengirimkan email ke customer service, atau tanyakan lewat Twitter dan Facebook @XL123. [hbs]{jcomments on}

Previous articleNikon V1, Kamera dengan Sensor CX Format Terbaru
Next articleIMOCA: BRTI Mandul, Harus Segera Dibenahi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here