telset

Dianggap Tidak Aman, Pemerintah Inggris Tolak BlackBerry 10

BlackBerry 10 ilustrasi
Ilustrasi BlackBerry 10 OS

Jakarta – Badan pemerintahan dibidang keamanan Inggris menyatakan, bahwa sistem operasi baru BlackBerry 10 tidak cukup aman dipakai para karyawan dipemerintahannya. Hal ini, dikarenakan badan pemerintahan tersebut banyak memiliki informasi sensitif.

Pada seri sebelumnya, BlackBerry OS 7.0 sebenarnya justru mendapatkan sertifikasi dan lolos uji keamanan dari CESG (Communications Electronics Security Group). Namun pada seri BlackBerry 10, badan tersebut tidak memberikan rekomendasi karena menganggap BlackBerry 10 kurang memenuhi standar keamanan.

CESG sendiri adalah pusat informasi GCHQ (Government Communications Headquarters), yang bertujuan untuk melindungi dan memajukan kepentingan vital pemerintah Inggris dengan memberikan nasehat dan bantuan pada keamanan komunikasi dan data elektronik.

Seperti dilansir theguardian, Rabu (20/03), test yang dilakukan pada BlackBerry 10 dan perangkat lunak BlackBerry Balance, dimaksudkan untuk memisahkan antara akun kantor dan akun pribadi, serta mencegah penyalinan data. Hasilnya, OS baru BlackBerry itu dinyatakan tidak lolos uji.

Pihak BlackBerry sendiri telah mengkonfirmasi bahwa BlackBerry 10 memang belum lulus atas uji  CESG tersebut. Perusahaan asal Kanada itu juga belum bisa memastikan kapan akan merilis perangkat lunak revisi baru untuk kembali dilakukan test ujicoba ulang.[LKH/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0