Pemerintah Harusnya Berikan Internet Gratis Selama PSBB

Internet Gratis PSBB Virus Corona

Telset.id, Jakarta – Komisi 1 DPR RI mendorong pemerintah untuk memberikan layanan internet gratis saat menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tujuannya supaya masyarakat bisa bekerja dan belajar dari rumah dengan lebih nyaman.

Menurut anggota Komisi 1 DPR, Sukamta, bahwa kebijakan PSBB yang bertujuan untuk menanggulangi wabah Covid-19 belum menyentuh soal penggunaan internet.

Pemerintah sendiri akan memberikan keringanan biaya listrik dan kredit ketika PSBB diterapkan namun belum ada kebijakan terkait akses internet.

“Kebijakan PSBB belum menyentuh soal penggunaan internet. Orang-orang diminta kerja di rumah, anak-anak sekolah dan mahasiswa belajar di rumah, pekerja-pekerja online makin sibuk,” kata Sukamta kepada Tim Telset.id pada Selasa (07/04/2020).

{Baca juga: Corona di Indonesia, Industri TIK Buntung atau Untung?}

Politisi PKS tersebut mengatakan pemerintah seharusnya memberikan layanan internet gratis selama PSBB berlangsung. Internet gratis harus diberikan kepada masyarakat khususnya para pengemudi ojek online (ojol) yang tetap mengantarkan makanan kepada pengguna.

“Sudah semestinya pemerintah meringankan beban mereka dengan memfasilitasi internet gratis kepada warga, bukan badan usaha, selama wabah Covid-19. Terkhusus, pemerintah juga perlu membebaskan pulsa telepon bagi driver ojek online,” tambahnya.

Sukamta menilai jangan sampai kebijakan PSBB membuat masyarakat harus menanggung biaya yang tinggi untuk penggunaan internet. Pasalnya selama ini kegiatan belajar dan bekerja banyak dilakukan secara online.

“Jangan sampai masyarakat sudah mau mematuhi pemerintah untuk stay at home, tapi kebobolan di anggaran penggunaan pulsa internet,” tutur Sukamta.

Sukamta berharap jika usulan dari DPR ini menjadi pertimbangan oleh pemerintah. Harapannya jika pemerintah memberikan layanan internet gratis maka masyarakat bisa semakin patuh untuk tetap di rumah saja.

“Jika pemerintah menjamin internet gratis dan kecepatannya terjaga, sedikit banyak dapat menarik orang untuk mau patuh stay at home dan tujuan PSBB dapat dicapai,” tutupnya.

{Baca juga: Dampak WFH, Trafik Internet Telkomsel Naik Hingga 16%}

Sayangnya, saat Tim Telset.id coba menghubungi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan operator seluler untuk menanyakan soal wacana internet gratis ini, tapi belum ada yang mau memberikan jawaban.

Sebelumnya pemerintah Malaysia telah mengumumkan paket stimulus ekonomi sebesar 250 miliar ringgit atau sekitar Rp 925,4 triliun untuk membantu negara pulih dari dampak wabah Covid-19.

Di antara dana yang akan digelontorkan oleh Pemerintah Malaysia, termasuk di dalamnya penyediaan internet gratis yang menghabiskan dana sekitar 600 juta ringgit atau Rp 2,22 triliun dari 1 April hingga perintah pengendalian pergerakan atau lockdown selesai.

Sementara, 400 juta ringgit akan digunakan untuk meningkatkan jangkauan dan kemampuan telekomunikasi. Selain itu, dialokasikan pula dana sebesar 100 juta ringgit untuk penyimpanan makanan, infrastruktur distribusi, dan program integrasi panen.

{Baca juga: PM Muhyiddin: Internet Gratis untuk Warga Malaysia Selama Lockdown}

Pengemudi mobil sewaan atau driver online juga akan diberikan bantuan satu kali sebanyak 500 ringgit atau sekitar Rp 1,85 juta.

Apakah Presiden Jokowi akan mengeluarkan kebijakan Internet gratis seperti di Malaysia? Hingga saat ini belum ada tanda-tanda ke arah sana. Pihak Kominfo pun masih bungkam untuk memberikan keterangan. [NM/HBS]

VideoUNBOXING & HANDS-ON OPPO RENO 3: Kamera 108MP dengan AI”:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here