Pemerintah Belum Memiliki Roadmap yang Jelas

JAKARTA – Perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia kian berkembang pesat. Namun, berkembangnya industri telekomunikasi itu kurang dibarengi dengan roadmap yang komprehensif, sehingga terjadi ketidak sambungan antara regulator dan para pelaku industri.

Pemerintah sebenarnya telah dua kali membuat roadmap industri telekomunikasi. Tetapi karena perkembangan teknologi dibidang ini sangat cepat, sementara pemerintah terlihat tidak terlalu mengikuti dinamika pasar, mengakibatkan gap-nya terlalu lebar, kata Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, Sekjen Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) pada acara Talk Show Kemajuan Telekomunikasi Seluler dan Perkembangan Industri Kreatif Indonesia™, Jakarta, Jumat (4/3) lalu.

Menurutnya, perkembangan teknologi yang luar biasa cepat membuat pemerintah keteteran dalam membuat regulasi. Belum selesai satu masalah, sudah menunggu masalah lainnya. Belum selesai masalah 3G sudah datang Wimax. Kemudian soal  proyek Palapa Ring juga belum jelas penyelesaiannya hinga kini, tambah dia.

Selain itu, yang merancang roadmap selama ini tidak dilibatkan dalam pembuatan undang-undang. Akibatnya makin gak nyambung antara yang buat aturan dengan pelaku industrinya, jelas pria yang akrab disapa dengan Mas Wig itu.

Diakuinya, di seluruh negara di dunia ini tidak ada yang pernah bisa membuat roadmap ideal, karena industri telekomunikasi itu sangat dinamis. Jadi sekarang permasalahannya bukan bagaimana membuat roadmap yang ideal, tapi bagaimana adanya ketersambungan antara regulator dengan para pelaku industri.

Selama ini kan yang terjadi, yang satu jalan ke sana, yang satu lagi jalannya ke sini. Ya kapan bisa nyambung kalau begitu, ucapnya. Selain itu, tambah Mas Wig, permasalahan di Indonesia itu setiap ganti pemerintahan, pasti aturan dan kebijakannya ikut berubah. Makanya kita penerapan teknologinya suka terlambat dibanding negara lain, keluh dia.

Sementara itu, Oon Arfiandwi, Praktisi Industri Kreatif Indonesia menambahkan, mereka selaku pelaku industri, berharap pemerintah bisa membuat aturan yang lebih jelas dengan melibatkan para pelaku industri itu sendiri dalam menyusun roadmap.

Perkembangan industri telekomunikasi, khususnya industri kreatif di Indonesia sudah sangat pesat. Sekarang sudah banyak orang yang tertarik menekuni bisnis kreatif, karena jaman sekarang orang sudah tidak bisa lepas dari layanan mobile phone, jelas Oon.

Kedepannya Oon berharap, Indonesia jangan cuma menjadi pasar, tapi harusnya bisa sebagai pembuat pasar. Karena dunia pun mengakui kalau pasar di Indonesia masih sangat besar. Saat ini saja kita merupakan negara pengguna Facebook kedua terbesar di dunia, tukas Oon. [hbs]{jcomments on}

Previous articlePenampakan Xperia Berbasis WP7
Next articleMicrosoft Akan Pensiunkan IE6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here