telset

Pelanggan Tumbuh 4,5%, BTEL Tetap Merugi Rp 988,3 Miliar

Jakarta – PT Bakrie Telecom, Tbk (BTel) telah merilis laporan keuangan kuartal ketiga 2012. Walaupun mencatat pertumbuhan pelanggan sebesar 4,5%, namun BTel mencatat net loss sebesar Rp 988.3 miliar untuk periode 9 bulan hingga September 2012.

Hingga kuartal ketiga 2012, BTel mencatat jumlah total pelanggan sebanyak 11,98 juta pelanggan, atau meningkat 4,5% dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencatat 11,46 juta pelanggan.

BTel masih bisa sedikit bernafas lega karena untuk layanan data menunjukan trend positif. Dimana total pelanggan layanan EVDO BTel di Q3 tercatat 474 ribu, atau meningkat sebesar 30% dibanding kuartal sebelumnya. Sementara jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, pertumbuhan pelanggan EVDO tercatat sebesar 85%.

Menurut Deputy President Director Bakrie Telecom, Jastiro Abi kinerja perusahaan sesuai dengan yang direncanakan. Layanan Data Broadband Wireless Access juga memperoleh momentumnya untuk semakin meningkat.

“Berbagai penghematan dan efisiensi operasional yang kami terapkan terlihat mulai memberikan hasil yang menggembirakan,” ujarnya dalam keterangan resminya yang diterima telsetNews, Kamis (1/11).

“Laju profitabilitas perusahaan dengan berbagai upaya tersebut, pada dua quarter terakhir, telah membukukan pertumbuhan rata-rata 30%,” tambah Jastiro.

Sementara Gross revenue BTel pada kuartal tiga 2012 membukukan Rp 838.3 miliar atau naik sebesar 19% dibandingkan revenue pada Q2 sebesar Rp 702.0 miliar. Sedangkan EBITDA Q3 sebesar Rp 324.3 miliar, naik sebesar 29% dibandingkan EBITDA Q2 sebesar Rp 251 miliar.

Namun untuk periode 9 bulan hingga September 2012, BTEL mencatat net loss sebesar Rp 988.3 miliar, terutama dikarenakan adanya beban kerugian kurs akibat depresiasi nilai rupiah yang mempengaruhi nilai kewajiban perusahaan dalam mata uang asing termasuk beban bunganya.

Selain itu juga dikarenakan peningkatan beban depresiasi network asset, setelah belanja asset di tahun lalu untuk peningkatan kualitas layanan.[hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0