telset
spot_img

Pelanggan Data di 2012 Sudah Lebih 6 Miliar

Jakarta – Layanan data semakin jadi primadona di bisnis telekomunikasi.  Ericsson pun memaparkan hasil laporan yang didapat pada November 2012 mengenai pelanggan data secara global di seluruh dunia.

Dari hasil survei yang dilakukan Ericsson, saat ini ada sekitar 6,4 milyar mobile subscriptions secara global di Q3 2012. Jumlah ini menggambarkan pertumbuhan sebanyak 9% mobile subscription setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, 15% diantaranya adalah pengguna smartphone.

Sam Saba, Presiden Directur Ericsson, juga memprediksi pertambahan jumlah mobile subscriber menjadi 6,6 milyar di akhir tahun ini. Dari total keseluruhan, Indonesia cukup menyumbang angka mobile subcription yang cukup besar.

“Ada sekitar 7 juta pelanggan mobile subscription berada di Indonesia,” jelas Saba dalam acara diskusi media bersama Ericsson di Jakarta.

Sementara itu, Ericsson melihat di tahun 2018 akan ada pertambahan jumlah mobile subsciption yang signifikan dengan penambahan sebanyak 9,3 milyar. Hal ini didukung dengan banyaknya device yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet secara mobile.

“Di tahun 2012 ada 1,1 milyar pengguna smartphone yang memanfaatkan layanan data. Jumlah ini akan bertambah hingga 3,3 milyar di tahun 2018,” ujarnya memprediksi.

Sementara itu, untuk teknologi mobile yang digunakan, nampaknya jaringan LTE akan mengambil tempat cukup banyak di tahun 2018. Sedangkan secara global, teknologi EDGE akan menurun diikuti WCDMA/HSPA.

Dengan perkembangan layanan data yang cukup besar, layanan voice akan semakin terpinggirkan. Namun, menurut Hardyana  Syntawati, Vice Presiden dan Communication Ericsson Indonesia, bahwa layanan voice tidak akan hilang.

Dari hasil hasil penelitian Ericsson, tergambar traffic dari layanan voice masih tetap stabil meskipun ditinggalkan jauh oleh trafic data yang meningkat 2 kali lipat di Q3 2012 dibandingkan Q3 2011, dan tumbuh 16% dibandingkan Q2 2012. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0