Pasukan Militer AS akan Dilengkapi Armor Iron Man

Iron Man
Iron Man

Jakarta – Banyak perangkat canggih yang ada saat ini terinpirasi dari film-film fiksi berteknologi masa depan. Salah satunya yang saat ini sedang dikembangkan oleh pihak militer Amerika Serikat (AS), yakni armor (baju zirah) seperti yang dikenakan Iron Man.

Mungkin tidak lama lagi kita akan bisa melihat sosok Iron Man di dunia nyata. Pihak militer AS kabarnya segera membekali pasukan militernya dengan armor (baju zirah) berteknologi superhero layaknya di film Iron Man.

Bukan hanya tampilan luarnya saja, seragam Iron Man juga akan dibekali kemampuan super seperti night vision, kekuatan super, serta kemampuan anti-peluru. Pihak militer AS menyebut baju zirahnya ini sebagai ‘Tactical Assault Light Operator Suit’.

Baju zirah ini akan dilengkapi dengan komputer on-board yang dapat merespon situasi tertentu secara langsung dan membuat pemakainya memantau situasi di sekitarnya

Seperti dilansir The Verge, Kamis (10/10), disebutkan baju zirah ini akan terbuat dari material liquid armor yang saat ini tengah dikembangkan MIT, yang bisa berubah dari cair menjadi padat dalam waktu sepersekian detik tiap kali si pengguna mengaktifkan medan magnet atau aliran listrik.

Tujuan dikembangkannya baju zirah ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada para pasukan militer AS di saat harus berhadapan dengan musuh. Intinya, pasukan AS nantinya akan bisa tetap bergerak maju meski diberondong peluru oleh pasukan musuh.

Baju zirah ini juga dirancang bisa menyesuaikan suhu sekitar tempat si pengguna berada. Hal ini dimungkinkan karena adanya panel yang bersentuhan langsung dengan kulit pengguna untuk mendeteksi suhu badan, detak jantung serta tingkat dehidrasi penggunanya.

Para tentara AS juga tak perlu khawatir soal sirkulasi udara saat memakai baju ala Iron Man ini. Pasalnya, baju ini akan dilengkapi dengan berbagai fitur life support mendasar seperti pemanas internal dan oksigen agar penggunanya tetap bisa bernafas dengan nyaman.

Sebenarnya proyek yang terinspirasi oleh teknologi di film Iron Man bukanlah yang pertama.  Sebelumnya Elon Musk juga telah mengembangkan sebuah laboratorium yang dilengkapi sebuah Leap Motion controller, Oculus Rift, dan projektor layaknya di film Iron Man.

Teknologi yang terinspirasi dari film-film fiksi ilmiah sebenarnya sudah cukup banyak kita jumpai saat ini. Seperti misalnya perangkat smartphone, tablet PC, dan juga yang kini mulai banyak dikembangkan adalah smartwatch dan kacamata pintar yang dimotori oleh Google lewat Google Glass Project.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI