telset
spot_img

Pasar Windows Phone Meningkat di Eropa

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Sistem operasi Windows Phone mulai bisa merebut hati pengguna di Eropa. Pangsa pasar sistem operasi buatan Microsoft itu di beberapa negara di Eropa mulai merangkak naik, mengancam posisi Android dan iOS.

Menurut laporan terbaru lembaga riset Kantar Worldpanel ComTech, pangsa pasar Windows Phone di wilayah Eropa pada tahun 2012 lalu menunjukkan peningkatan yang signifikan, khususnya di Inggris dan Italia.

Di Inggris, hingga akhir tahun 2012, Windows Phone berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 5,9%, atau mengalami peningkatan tiga kali dibanding tahun 2011 yang mencatat 2,2%.

Lonjakan sangat signifikan terjadi di Italia. Sistem operasi Microsoft ini berhasil merebut pasar sebanyak 13,9% di tahun 2012, atau naik 11 kali lipat dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencatat 2,8% market share.

Peningkatan sebenarnya juga terjadi di beberapa negara lain di Eropa, meskipun lonjakannya tidak setinggi di Inggris dan Italia. Di Perancis pasar Windows Phone meningkat dari 3,7% menjadi 4,1%.

Sementara di Spanyol, market share Windows Phone meningkat dari 0,4% menjadi 1,8%. Sedangkan di Jerman, pangsa pasar Windows Phone sedikit mengalami penurunan, dari 3,0% menjadi 2,6%.

Windows Phone bahkan kini telah berhasil memangkas jarak dengan BlackBerry. OS buatan RIM itu diketahui mengalami penurunan pada tahun lalu, dari 16% menjadi 6,4%. Namun jika dibanding Android dan iOS memang raihan Windows Phone masih jauh. Di Inggris, pangsa pasar Android sebesar 54,4% dan iOS 32,4%.

Meningkatnya pasar Windows Phone di Eropa juga berimbas pada naiknya pasar perangkat yang menggunakan OS tersebut. Penjualan handset Nokia yang paling banyak mengadopsi Windows Phone naik 50% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari sejumlah perangkat yang menggunakan Windows Phone, smartphone seri Lumia dari Nokia tercatat sebagai yang terbesar. Secara global, seri Lumia kini meraup 6,2% pangsa pasar smartphone.

Pencapaian ini memang masih jauh jika dibanding dua penguasa pasar smartphone saat ini, yakni Samsung dan Apple. Hingga akhir tahun 2012, Samsung menguasai 35% pangsa pasar global, sementara Apple ditempat kedua dengan 32%.

Menurut Dominico Sunnebo, Global Consumer Insight Director Kantar Worldpanel ComTech, peningkatan pasar Windows Phone di Eropa memang baik, tapi di tahun 2013 akan mendapat tantangan baru untuk pasar China dan AS.

“Hasil ini memang lebih lambat dari perkiraan Microsof, tapi Windows Phone kini mulai mendapat respon sangat baik di sejumlah negara kunci di Eropa. Namun di China dan AS, pasarnya masih kurang mendapat respon baik,” kata Dominico

“Sebagai dua wilayah pangsa pasar terbesar di dunia, hal ini merupakan tantangan utama bagi Microsoft di 2013,” imbuhnya, seperti dikutip telsetNews dari GSMArena, Rabu (23/1). [hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0