telset

Pasar ‘Phablet’ Semakin Menggiurkan di 2013

South Korea Samsung

Jakarta – Tahun 2012 lalu menjadi luar biasa pasalnya peningkatan untuk perangkat mobile di Indonesia, mengalami pertumbuhan 15 persen setiap tahunnya. Dari data IDC (International Data Corporation) menunjukan jumlah total pengapalan 55 juta unit, sedangkan untuk kategori tablet pc mencapai 1,6 juta unit. Meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

Pada akhir kuartal 4, IDC mencatat bahwa 6,8 juta dari total unit yang dikapalkan adalah ponsel pintar, dan menariknya, tren terhadap ponsel pintar dengan layar besar yang memiliki fungsi tablet, atau dijuluki “Phablet” (ponsel dengan ukuran layar antara 5 – 8 inch).

IDC mencatat bahwa pasar “Phablet” menguasai 8 persen dari total 6,8 juta ponsel pintar yang dikapalkan sampai dengan akhir 2012. Dengan proyeksi 8,5 juta unit ponsel pintar dikapalkan pada akhir tahun 2013, IDC melihat pangsa pasar perangkat “Phablet” dapat terus meningkat, dilihat dari banyakya peluncuran model-model baru yang terus menarik perhatian para masyarakat perkotaan Indonesia.

“Meningkatnya pemakaian perangkat tablet dengan layar yang lebih kecil memberikan gambaran adanya potensi untuk pasar “Phablet”, dimana 75 persen dari total tablet yang dikapalkan pada tahun 2012 memiliki ukuran layar antara 7 – 8 inch, perangkat “Phablet” menawarkan solusi menarik bagi mereka yang mencari fungsi  tablet dalam ponsel pintar mereka, seiring dengan harga yang juga semakin terjangkau”, kata Darwin Lie, Market Analyst IDC Indonesia di Jakarta (14/3).

Saat ini, Sebuah survei terbaru menunjukkan bahwa 62% penduduk Indonesia masih tertarik dengan tablet berukuran layar 8 – 10 inch, hal ini menunjukkan bahwa adanya potensi yang masih sangat besar untuk tahun mendatang. Dengan pertumbuhan TI yang  terus meningkat di Indonesia, permintaan terhadap penyatuan dua perangkat ini diharapkan juga terus bertambah. Dan ponsel pintar diharapkan menjadi penggerak utama dari transformasi ini, karena perangkat ini semakin menjadi bagian yang penting dalam kehidupan bersosial.(ms)

 

Untitled

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0