Pasar Laptop Makin Tergerus Tablet PC

Desktop PC vs tablet
ilustrasi laptop vs tablet PC

Jakarta – Penjualan tablet terus meningkat dan telah melampaui penjualan laptop. Perhitungan ini diperoleh dari laporan terbaru International Data Corporation (IDC) mengenai angka pertumbuhan tablet di triwulan pertama 2013.

Tablet bukan hanya mendominasi di Q1 tahun ini. IDC menunjukkan penjualan tablet akan terus tumbuh melewati penjualan tablet, terutama di tahun 2015. Namun untuk kebutuhan yang lebih kompleks seperti gaming atau mengedit foto,orang cenderung memilih laptop dibandingkan tablet.

“IDC tetap percaya bahwa laptop memiliki peran penting dalam era baru komputasi, terutama di kalangan pebisnis. Tetapi bagi banyak konsumen, tablet adalah solusi sederhana dan elegan untuk menyelesaikan masalah penggunaan inti yang dulunya ditangani oleh laptop,” jelas Ryan Reith, Program Manager untuk Mobility Trackers di IDC.

Menurut data IDC yang telsetNews kutip, Kamis (30/5), pergeseran penjualan tablet dan laptop akan terjadi di kuartal kedua dengan ukuran layar tablet yang semakin kecil. Ini menandakan harga tablet menjadi lebih terjangkau dan akan berakibat pada penjualan tablet yang terus meningkat.

Hal ini bisa dilihat dari hasil catatan IDC pada tahun 2011, tablet berukuran 8-11 inci mendominasi pasar sebesar 73%. Namun di kuartal pertama 2013 ini, pangsa pasar tablet berukuran di bawah 8 inci mulai berhasil merangkak naik menjadi 55%.

Sementara itu pengiriman tablet akan tumbuh 58,7% dari tahun ke tahun sepanjang 2013. Pertumbuhan ini mewakili 229,3 juta unit yang terkirim ke seluruh dunia atau naik 114,5 juta unit dibandingkan tahun 2012.[LKH/HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0