Pasar iPad Tergerus, Galaxy Tab Merangkak Naik

Galaxy Tab vs iPad
Galaxy Tab vs iPad

Jakarta – Apple harus menyiapkan strategi yang efektif untuk penjualan iPad. Pasalnya, International Data Corporation (IDC) melaporkan penurunan minat iPad yang ditunjukkan dari penurunan jumlah pengiriman tablet Apple ini.

Menurut IDC, meski masih memimpin ditempat teratas, namun tablet buatan Apple telah mengalami penurunan market share di Q1 2013. iPad dilaporkan hanya mengambil 39,6 persen dari total tablet yang dikirimkan ke seluruh dunia di Q1 2013.

Penjualan iPad mengalami penurunan dari sebelumnya 19,5 juta unit di Q1 tahun, turun menjadi 11,8 juta unit di kuartal pertama tahun 2013. Demikian kabar yang telsetNews kutip dari PhoneArena, Kamis (2/5).

Sementara tablet Apple mengalami penurunan permintaan, rival beratnya, Samsung, justru mengalami kenaikan. Produsen ponsel asal Korea Selatan ini mengalami peningkatan dari 11,3 persen di Q1 tahun lalu, menjadi 17,9 persen di kuartal pertama tahun ini.

Penjualan tablet andalan Samsung, Galaxy Tab meningkat drastis, dari sebelumnya 2,3 juta unit di periode tahun lalu, meningkat jadi 8,8 juta unit pada kuartal pertama tahun 2013.

ASUS pun menyusul posisi Samsung dan menempati urutan ketiga, disusul Amazon dan Microsoft yang melengkapi urutan lima besar dengan market share masing-masing 3,7 persen dan 1,8 persen.

Secara keseluruhan, IDC menyebutkan pengiriman tablet di Q1 2013 naik 142 persen dari tahun ke tahun. Jumlahnya mencapai 49,2 juta unit.

Laporan IDC ini terlihat kontras dengan prediksi CEO BlackBerry Throsten Heins sebelumnya, yang menyebutkan masa depan tablet akan suram. Heins bahkan mengatakan  tablet akan mati 5 tahun lagi.

Bisa jadi mungkin pendapat Heins yang akan mati 5 tahun lagi adalah Playbook, perangkat tablet besutan BlackBerry yang gagal di pasaran. [LKH/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0