telset

Pasar Indonesia Tak ‘Basah’ Lagi Buat BlackBerry

Jakarta – Pasar Indonesia tak lagi ramah bagi BlackBerry. Menurut laporan dari International Data Corporation (IDC), perangkat buatan vendor asal Kanada itu tidak lagi mendominasi, karena pasar smartphone di Indonesia kini telah dikuasai perangkat Android.

Menurut keterangan IDC yang diterima telsetNews, Kamis (13/9), pada kuartal kedua 2012, pasar Android di Indonesia telah melonjak pesat dengan menguasai sekitar 52% market share sistem operasi smartphone yang digunakan di Indonesia.

Disebutkan, melonjaknya pasar Android ini dipengaruhi oleh semakin banyaknya perangkat dengan OS Android yang dikeluarkan para produsen ponsel seperti Samsung, HTC dan Sony.

“Peningkatan pengguna ponsel Android di Indonesia tidak hanya karena harganya yang semakin terjangkau, tapi juga karena berbagai aplikasi dan semakin populernya layar sentuh,” kata Market Analyst for Client Devices Research IDC Indonesia, Darwin Lie.

“Selain itu, terlambatnya peluncuran BlackBerry 10 juga telah membuat pengguna menunggu sampai tahun 2013 untuk membeli model baru. Hal ini memberikan kontribusi dampak terhadap perubahan dalam preferensi OS,” terangnya lagi.

IDC juga mengungkapkan, secara keseluruhan pengapalan ponsel di Indonesia meningkat 10% dibanding kuartal lalu. Namun jika dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama, jumlahnya meningkat hingga 25%.

Diprediksi hingga akhir tahun 2012, pengapalan smartphone di Indonesia akan bisa menyentuh angka lebih dari 7 juta unit. Hal ini setelah melihat semakin banyaknya pengguna ponsel yang tertarik menggunakan ponsel layar sentuh.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0